in

5 Pekan Mode Bergengsi di Jakarta, Beserta Karya Desainer Lokal Yang Mencuri Perhatian

Pekan Mode
Source: Pinterest

Jika berbicara tentang pekan mode, kota-kota ‘the big four’, yaitu Paris, London, Milan dan New York selalu menjadi favorit. Bagi para desainer dan pecinta fashion di dunia. Namun, tumbuhnya talenta-talenta terbaik dari dalam negeri membuat berbagai gelaran fashion di Indonesia terus menarik peminat.

Selama lebih dari satu dekade, pekan mode dalam negeri, terutama di Jakarta, telah mendapat banyak sorotan yang positif. Banyak merek fesyen lokal yang menjadikan event tersebut sebagai peluang untuk mengenalkan karya mereka lebih luas. Bahkan hingga sampai dunia internasional. Pasalnya, beberapa gelaran fashion dalam negeri juga menghadirkan sejumlah pelaku fesyen dunia. Dari desainer, fashion stylish, buyer, hingga media asing yang meliputnya. 

Lebih dari itu, para penyelenggara juga berharap agar event-event fashion di tanah air dapat mengukuhkan Indonesia. Khususnya Jakarta, sebagai pusat mode besar di tingkat regional dan dunia.

Ada sekitar lima pekan mode bergengsi di Jakarta yang menampilkan ratusan desainer lokal beserta karya-karya terbaiknya. Yaitu Jakarta Fashion Week (JFW), Indonesia Fashion Week (IFW), Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF), Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW). Serta Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF).

Berikut informasi selengkapnya beserta karya-karya desainer lokal yang mencuri perhatian untuk menambah inspirasi OOTD-mu. Klik link produk di bawah artikel jika kamu tertarik untuk mengoleksinya, karena ada penawaran spesial dari Modusgaia dalam program “Local Festive”

  1. Jakarta Fashion Week (JFW)

5 Pekan Mode Bergengsi di Jakarta, Beserta Karya Desainer Lokal Yang Mencuri Perhatian unnamed-3-300x196
Source: Twitter

Pekan mode bergengsi pertama yaitu Jakarta Fashion Week atau JFW, yang berlangsung setahun sekali, sejak 2008. Serupa dengan empat kota yang masuk dalam ‘The Big Four’, Jakarta Fashion Week juga menjadi pekan mode yang terbesar di Asia Tenggara. Penyelenggara pertamanya adalah Femina Group, dengan dukungan dari Dinas Pariwisata DKI Jakarta. Serta Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), dan Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI). Namun sejak Femina Group melakukan pengorganisasian kembali, JFW masuk ke dalam GCM Group pada 2019.

Selain peragaan busana, Jakarta Fashion Week juga menghadirkan beberapa project pendukung. Seperti Lomba Perancang Mode, Fashion Link, Indonesia Fashion Forward dan JFW Model Search

Tahun ini, Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 yang berlangsung di City Hall, Pondok Indah Mall 3, sukses menghadirkan 34 show. Dari 116 label dan perancang mode tanah air maupun dari luar negeri. Seperti Obin, Chitra Subiyakto, Harry Halim, Sebastian Gunawan, Didi Budiharjo, Ivan Gunawan, Ghea Panggabean, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan mengangkat tema “Fashion Reformation”, pekan mode yang terselenggara pada 24-30 Oktober 2023 itu juga menampilkan kolaborasi. Antar desainer dari lintas generasi, mulai dari sang maestro hingga mereka yang baru terjun di dunia mode.

Berikut adalah beberapa karya dari perancang lokal yang mampu mencuri perhatian di JFW 2024. Yaitu label I Am Starry, Natalia Kiantoro dan NASL by Nagita Slavina. 

I Am Starry

Produk-produk dari “I Am Starry” sangat cocok untuk kamu penyuka gaya vintage dan feminin. Perancangnya adalah Juliana Ng yang lahir dan besar di Medan. Ia mengambil gelar Fashion Design di Singapura. Lalu memulai mereknya sendiri, Lickstudio pada 2016 dan Starry pada 2018 yang keduanya berbasis di Jakarta. Juliana menangani produksi Starry yang memiliki sentuhan “retrospektif” dan abadi pada setiap bagiannya.

5 Pekan Mode Bergengsi di Jakarta, Beserta Karya Desainer Lokal Yang Mencuri Perhatian 1-4
I Am Starry - Sweetheart Dress in Pink Floral - L

Rp685.000

Buy from here
Pins
  1. I Am Starry - Sweetheart Dress in Pink Floral - L

Natalia Kiantoro

Untuk penyuka gaya feminin yang lebih berani, koleksi Natalia Kiantoro bisa menjadi pilihan. Natalia Kiantoro adalah seorang desainer Indonesia kelahiran Surabaya. Ia menyelesaikan gelar sarjananya di bidang Desain Mode di Raffles Design Institute Shanghai. Sebelum membangun mereknya sendiri, Ia pernah bekerja di sebuah brand bridal asal Hong Kong. Serta sempat mendirikan label lini bridal and evening gown di Indonesia. Latar belakang itulah yang menjadi bekalnya untuk merancang busana siap pakai dengan sentuhan feminin dan detail yang sedikit rumit.

5 Pekan Mode Bergengsi di Jakarta, Beserta Karya Desainer Lokal Yang Mencuri Perhatian 2-4
Natalia Kiantoro - Mobile Jacket Dusty Pink

Rp1.449.000

Buy from here
Pins
  1. Natalia Kiantoro - Mobile Jacket Dusty Pink

NASL by Nagita Slavina

Sementara untuk para penyuka gaya casual feminine yang lebih nyaman dengan ukuran oversize, dapat memilih koleksi NASL by Nagita Slavina. Brand fashion lokal milik istri Raffi Ahmad itu memiliki karakter khas berwarna cerah dan berpola unik. Serta potongan yang longgar agar para perempuan dapat tampil dengan percaya diri melalui versi terbaiknya. 

5 Pekan Mode Bergengsi di Jakarta, Beserta Karya Desainer Lokal Yang Mencuri Perhatian 3-4
NASL - Pants Matriarchy Edition Blue Color

Rp439.640

Buy from here
Pins
  1. NASL - Pants Matriarchy Edition Blue Color
  1. Indonesia Fashion Week (IFW) 

5 Pekan Mode Bergengsi di Jakarta, Beserta Karya Desainer Lokal Yang Mencuri Perhatian unnamed-4-1-300x194
Source: Twitter

Indonesia Fashion Week atau IFW adalah pekan mode terbesar di Indonesia yang berlangsung setiap tahun sejak 2011. Di Jakarta Convention Center (JCC). Sesuai namanya, event yang terselenggara oleh Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) itu mengedepankan kebudayaan Indonesia. Melalui produk ready to wear de-lux, produk high fashion, produk fashion etnik modern dan bridal. Serta fashion show, seminar, workshop, talkshow, kompetisi, seminar, dan trade show display.

Tahun ini, Indonesia Fashion Week berlangsung dari 22-26 Februari 2023 dengan mengangkat tema “Sagara dari Timur”. Dengan menonjolkan keindahan dan biota laut Indonesia di Zona Wallacea. Sekitar 400 peserta pameran dan 200 desainer hadir memeriahkan gelaran fashion terbesar di Indonesia itu. Seperti House of Abhiee, Fachriel Djou, Fadly Rauf, Gilbert Tri Van Badjuka, Agnes Budhisurya, Lenny Hartono. Serta Pendopo Indonesia, yang merupakan merek usaha Kawan Lama Group, dan telah bekerjasama dengan lebih dari 200 UKM di seluruh nusantara. 

Pendopo Sikka

Pada Jumat, 24 Februari 2023, Pendopo Indonesia memamerkan koleksi berbahan dasar kain tenun ikat Sikka bertajuk “Senandung Sikka”. Tenun ikat Sikka adalah salah satu kekayaan budaya nusantara yang berasal dari Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Pembuatannya menggunakan teknik pewarnaan ikat dan proses menenun yang bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Warisan nusantara yang bernilai filosofis dan estetika tinggi itu telah menjelma menjadi fashion item yang modis. 

5 Pekan Mode Bergengsi di Jakarta, Beserta Karya Desainer Lokal Yang Mencuri Perhatian 4-4
Pendopo Sikka Outer Wanita Ikt03 1120

Rp3.250.000

Buy from here
Pendopo Sikka Outer Wanita Ikt02 1120

Rp3.250.000

Buy from here
Pins
  1. Pendopo Sikka Outer Wanita Ikt03 1120
  2. Pendopo Sikka Outer Wanita Ikt02 1120
  1. Jakarta Fashion & Food Festival (JF3)

5 Pekan Mode Bergengsi di Jakarta, Beserta Karya Desainer Lokal Yang Mencuri Perhatian unnamed-5-1-300x173
Source: Twitter

Jakarta Fashion & Food Festival (JF3) merupakan sebuah festival tahunan persembahan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Summarecon Agung Tbk. Dengan dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI serta Kementerian Perdagangan RI.

Sejak pertama kali terselenggara pada 2004, JF3 menjadi salah satu pekan mode yang berpengaruh di Indonesia. Berbagai kegiatan yang melibatkan desainer, pelaku bisnis mode dan pengrajin, kerap menjadi program utama festival ini. Sebagai wujud komitmen untuk terus mendukung kebangkitan industri mode tanah air.

Tahun ini, JF3 Fashion Festival mengusung tema “Power to Empower”,  yang bermakna “Kekuatan Untuk Memberdayakan”. Bermula dari fashion village yang melibatkan total 84 pelaku bisnis mode lokal. Di Summarecon Mall Serpong (SMS), pada 5-19 Juli dan Summarecon Mall Kelapa Gading (MKG), pada 19-30 Juli. Berlanjut dengan fashion show dari para desainer muda dan terkemuka yang berlangsung pada 17-19 Juli di SMS dan 21-26 Juli di MKG.

Beberapa brand dan desainer yang kali ini berpartisipasi di runway JF3 2023 antara lain; Albert Yanuar, Ansoe, Didi Budiardjo. Ghea Panggabean, Ivan Gunawan, Maison Baaz, Renzi Lazuardi, Ria Miranda, Tities Sapoetra, Yogie Pratama dan masih banyak lainnya. Termasuk kolaborasi antara Control New dan Setali Indonesia yang mencuri perhatian.

Control New

Mengangkat tema “reboot reuse”, Control New dan Setali Indonesia menampilkan koleksi sustainability yang edgy. Dengan menyulap limbah baju bekas dengan teknik tradisional Jepang untuk menambal pakaian, yaitu Boro Shasiko.

Afif Mustapha, yang merupakan pemilik Control New awalnya membuat aksesoris dengan teknik tambalan karena terinspirasi kain perca. Sebagai tambalan celana jeans semasa kuliah. Setelah mencobanya berulang-ulang, akhirnya alumnus Seni Rupa Murni Universitas Brawijaya, Malang itu berhasil menggunakan kain perca dan baju bekas. Menjadi tas laptop, tote bag, tas selempang, tas kerja, topi dengan padu padan potongan dan warna. 

5 Pekan Mode Bergengsi di Jakarta, Beserta Karya Desainer Lokal Yang Mencuri Perhatian 5-4
Totebag large controlnew patchwork sashiko handmade

Rp450.000

Buy from here
Pins
  1. Totebag large controlnew patchwork sashiko handmade

Setali Indonesia

Sementara Intan Anggita Pratiwie, yang merupakan co-founder Setali Indonesia, mendapat gagasan untuk mendaur ulang kain sisa karena menumpuk di gudang. Awalnya, Ia mendirikan sebuah yayasan yang mengumpulkan serta berdonasi pakaian dan barang bekas kepada masyarakat. Namun ternyata banyak baju hasil sumbangan yang sudah tidak layak pakai. Ia lalu mendaur ulang tumpukan baju di gudang tersebut dengan metode upcycle, yaitu menjadikannya sesuatu yang lebih baik dan tepat guna. Serta metode downcycle, dengan memotong-motong menjadi perca kecil sehingga dapat Ia aplikasikan kembali. Agar dapat berkontribusi mengurangi limbah tekstil yang menyesaki dunia itu, Intan bekerja sama dengan penyanyi Andien.

5 Pekan Mode Bergengsi di Jakarta, Beserta Karya Desainer Lokal Yang Mencuri Perhatian 6-2
Setali Indonesia - Upcycling Clothes 005

Rp450.000

Buy from here
Setali Indonesia - Upcycling Trousers 009

Rp750.000

Buy from here
Pins
  1. Setali Indonesia - Upcycling Clothes 005
  2. Setali Indonesia - Upcycling Trousers 009
  1. Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 

5 Pekan Mode Bergengsi di Jakarta, Beserta Karya Desainer Lokal Yang Mencuri Perhatian unnamed-6-300x200
Source: Twitter

Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) merupakan pekan mode bergengsi yang terselenggara setahun sekali atas inisiasi Kementerian Perdagangan dan KADIN. Dengan tujuan mempromosikan produk fesyen muslim atau modest lokal Indonesia, serta meningkatkan daya saing di pasar internasional. Sekaligus  merealisasikan visi dan misi Indonesia untuk menjadi pusat fesyen muslim atau modest dunia. Selain pagelaran busana, JMFW juga menggelar pameran dagang dan penjajakan bisnis (business matching).

Dengan mengusung tema “Discover Modest Fashion Excellence”, JMFW 2024 sukses terselenggara pada 19-21 Oktober 2023. Di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. Ada lebih dari 200 jenama lokal yang terlibat di gelaran ini dan 9 di antaranya tampil apik saat opening JMFW 2024. Yaitu antara lain Irna La Perle Sasirangan Kalimantan Selatan X PT Andalan. Lalu, Qnanz, Aden Hijab, Magdara X Riana Meilia, Nada Puspita, Muda, dan Buttonscarves. Serta Bellabaric by Najua Yanti dan Zeta Prive, yang tidak kalah mencuri perhatian. 

Najua.Bellabaric

Bellaberic merupakan lini busana muslim kedua Najua Yanti, yang Ia padukan dari dua bahasa, yakni Italia dan Arab. Bella dalam bahasa Italia berarti ‘cantik’, sedangkan baric adalah bahasa arab yang berarti barokah. Tidak hanya nama, koleksi busana yang Ia tampilkan dalam JMFW 2024 pun merupakan perpaduan. Antara warna gelap dan terang, yang simple namun elegan. 

5 Pekan Mode Bergengsi di Jakarta, Beserta Karya Desainer Lokal Yang Mencuri Perhatian 7-2
Najua.Bellabaric - callie long dress unik aplikasi retro

Rp975.000

Buy from here
Pins
  1. Najua.Bellabaric - callie long dress unik aplikasi retro

Zeta Prive

Selanjutnya yaitu Zeta Prive, salah satu brand modest Indonesia yang tembus New York Fashion Week 2023. Dalam JMFW 2024, Trisha Chas, sang pemilik Zeta Prive, mengeluarkan koleksi bernuansa Minang. Dengan warna-warna soft seperti nude, lilac dan lain sebagainya. 

5 Pekan Mode Bergengsi di Jakarta, Beserta Karya Desainer Lokal Yang Mencuri Perhatian 8
Zeta Scarves Lifestyle - Enchanting Soirée Collection - Gracia

Rp988.000

Buy from here
Pins
  1. Zeta Scarves Lifestyle - Enchanting Soirée Collection - Gracia
  1. Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF)

5 Pekan Mode Bergengsi di Jakarta, Beserta Karya Desainer Lokal Yang Mencuri Perhatian unnamed-7-300x200
Source: Twitter

Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) merupakan ajang modest fashion terbesar di Tanah Air yang terselenggara oleh Bank Indonesia. Bersama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dan Indonesian Fashion Chamber (IFC). Sebagai rujukan bagi industri modest fashion dunia.

Dengan mengusung tema “Sustainable Fashion, Sustainable Lifestyle”, tahun ini parade busana modest itu berlangsung selama lima hari. Sejak 25-29 Oktober 2023 di Plenary Hall, JCC, Jakarta. Ada sekitar 176 desainer lokal dan beberapa pegiat mode dari negara lain yang turut melenggang di runway IN2MF. Seperti Ali Charisma, Itang Yunasz, Deden Siswanto, Ina Priyono, Khanaan, Rose Malina, KAMI, Najua Yanti, Elva Fauqo. Lalu Rahma Ika x Arsy Hijab, Hendri Budiman, Irna La Perle, Malik Moestaram, Jamilah x Prafito, Chikigo, Zaskia Mecca. Serta dari luar negeri, yaitu Dalinda Paris, Erika Masuda, Samir Kerzabi. 

Selain nama-nama di atas, ada beberapa desainer dan brand lokal yang cukup menarik perhatian. Yaitu Geulis, Opie OvieOvie dan Kursien Karzai. 

Geulis.ID

Geulis merupakan brand lokal Indonesia yang berdiri pada Januari 2008 di Jakarta oleh tiga orang sahabat. Yaitu Dewi Nuraini, Imelda Hudiyono dan Marysia Winarta. Dengan hasrat dan latar belakang fashion yang mereka miliki, terciptalah kreasi dengan nuansa budaya Indonesia. Seperti batik, tenun, lurik, dan beragam tekstil asli Indonesia. Dalam IN2MF 2023, Geulis mengeluarkan koleksi yang terinspirasi dari keindahan motif songket.

5 Pekan Mode Bergengsi di Jakarta, Beserta Karya Desainer Lokal Yang Mencuri Perhatian 9
Geulis.id ZABINA DRESS (3 warna) Dress

Rp582.000

Buy from here
Pins
  1. Geulis.id ZABINA DRESS (3 warna) Dress

Opie Ovie Dwinovie

Sementara Opie Ovie Dwinovie terinspirasi dari dunia alam dengan menampilkan nada bumi melalui pewarnaan dan cetakan botani. So warm and sunny! 

5 Pekan Mode Bergengsi di Jakarta, Beserta Karya Desainer Lokal Yang Mencuri Perhatian 10
Opie Ovie - Sunny Dress

Rp1.550.000

Buy from here
Pins
  1. Opie Ovie - Sunny Dress

Eredita

Satu lagi perancang busana tanah air yang mencuri perhatian di IN2MF 2023, yaitu Kursien Karzai. Untuk menandai 10 tahun perjalanannya di industri mode, Kursien Karzai menghadirkan koleksi Eredita, yang bermakna ‘warisan’ dalam bahasa Spanyol. Dengan mengaplikasikan motif tenun dari Indonesia timur dan motif batik truntum, kawung. Menggunakan teknik embroidery di atas kain organza dan teknik printing di atas kain satin. Dalam dress, abaya, blouse, hingga blazer. Pemilihan warna alam yang cenderung gelap mulai dari hitam, cokelat, denim blue, lime green membuat look-nya semakin elegan.

5 Pekan Mode Bergengsi di Jakarta, Beserta Karya Desainer Lokal Yang Mencuri Perhatian 11
Eredita AY121023

Rp5.290.000

Buy from here
Eredita DR061023

Rp2.290.000

Buy from here
Pins
  1. Eredita AY121023
  2. Eredita DR061023

Itulah 5 gelaran fashion bergengsi di Jakarta beserta karya desainer lokal pilihan yang mencuri perhatian. Jangan lupa klik produk yang kamu suka untuk mendapatkan penawaran spesial dari Modusgaia dalam program “Local Festive”.

Written by Citra Lestari

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0

Deretan Alas Kaki Wanita yang Muncul di Serial Gadis Kretek, Beserta Rekomendasi Produknya Dari Brand Lokal Asal Indonesia

Fashion Lokal Indonesia

Sukses Besar, Inilah Daftar Brand Fashion Lokal Indonesia yang Mencuri Perhatian Dunia