in

Ada Warna Pastel, Motif Floral dan Adaptasi Denim. Inilah Prediksi Tren Busana Ready-To-Wear 2024 Dari Brand Lokal Indonesia

Brand Lokal Indonesia
Source: IDN Times

Impact-Site-Verification: 37649329-2e85-42e0-9307-a35261c0203b
Ready-to-wear merupakan salah satu kategori pada fashion yang merujuk pada pakaian siap pakai, atau pakaian jadi. Dengan ukuran yang spesifik dan terstandarisasi, serta memiliki jumlah yang banyak. Sebelum tersedia secara luas pada awal abad ke-20, busana wanita di dunia, terutama kalangan kelas atas, terpengaruh gaya Eropa. Dengan banyak hiasan, ukuran yang sesuai bentuk tubuh dan jumlah yang terbatas. 

Namun, banyaknya permintaan akan pakaian wanita yang terjangkau dan modis mengubah industri fesyen di Amerika Serikat. Para desainer dan department store pun memproduksi pakaian dalam jumlah besar untuk wanita dari semua kelas dan pendapatan.

Pada akhir 1860-an, dua puluh lima persen garmen di Amerika Serikat memproduksi pakaian siap pakai. Lalu meningkat menjadi enam puluh persen pada 1890. Hingga mencapai sembilan puluh persen pada 1951. Sehingga menghasilkan keuntungan yang besar. 

Revolusi fesyen

Revolusi fesyen siap pakai telah menyebabkan perluasan industri. Di Paris, busana ready-to-wear terkenal dengan istilah prêt-à-porter. Yves Saint Laurent adalah desainer pertama yang mengalihkan fokusnya dari haute couture, atau desain fesyen kelas atas yang eksklusif. Ke pakaian siap pakai, dengan membuka rumah mode prêt-à-porter YSL Rive Gauche pada 1966.

Setelah itu, penggunaan busana ready-to-wear semakin meluas, hingga memunculkan tren tersendiri. Umumnya, para pecinta fesyen di dunia dapat melihat sebuah tren dalam gelaran empat pekan mode terbesar. Yaitu Paris, London, Milan dan New York Fashion Week. Sementara di Indonesia, kita dapat memprediksi sebuah tren dalam salah satu gelaran fesyen terbesar, yakni Jakarta Fashion Week (JFW). 

Tahun ini, Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 yang berlangsung di City Hall, Pondok Indah Mall 3, sukses menghadirkan 34 show. Dari 116 label dan perancang mode tanah air maupun dari luar negeri. Dengan mengangkat tema “Fashion Reformation”, pekan mode yang terselenggara pada 23-29 Oktober 2023 itu juga menampilkan kolaborasi. Antar desainer dari lintas generasi, mulai dari sang maestro hingga mereka yang baru terjun di dunia mode. 

Berikut adalah prediksi tren busana ready-to-wear 2024 dari brand lokal Indonesia. Ada warna pastel, motif floral dan adaptasi denim. Klik nama produk yang kamu suka dan dapatkan penawaran spesial dari Modusgaia dalam program “Local Festive”.

  1. Prediksi Tren Busana Ready-to-wear 2024 Dari Brand Lokal Indonesia: Sweet Like Pastel

Senada dengan gelaran New York Fashion Week 2024, warna pastel juga menghiasi sejumlah koleksi brand lokal Indonesia di JFW 2024. Ragam warna yang terkesan lembut, kalem dan manis itu berkisar antara baby pink, peach, lavender dan olive. Serta warna powder blue, yang sedang mencuri perhatian di runway fashion week bergengsi. 

Sama seperti warna pastel lainnya, powder blue juga tercipta berkat perpaduan antara warna yang lebih terang, yakni biru. Dengan nuansa abu-abu atau putih, sehingga menghasilkan warna yang lebih muda. Dalam fashion, kelembutan warna-warna yang identik dengan ice cream atau candy itu mampu menonjolkan look yang feminin dan nuansa romantis.

So, buat kamu yang ingin mengekspresikan kelembutan sikap dan sisi romantismu di tahun depan, bisa mengoleksi pakaian bernuansa pastel. Dari brand-brand lokal Indonesia seperti Lozy dan 3Mongkis.

Lozy

Melansir dari laman resminya, Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 menjadi gelaran pertama Lozy di panggung fashion show. Brand fashion muslim yang telah berdiri sejak 2015 itu mempersembahkan koleksi ready-to-wear dengan mengusung tema “Avenue of Escape”.

Selain berbahan linen yang nyaman, koleksi dari brand lokal milik Andesni Hirda Putri ini juga semakin cantik. Dengan paduan warna-warna pastel yang lembut dan manis.

Ada Warna Pastel, Motif Floral dan Adaptasi Denim. Inilah Prediksi Tren Busana Ready-To-Wear 2024 Dari Brand Lokal Indonesia 1-31
Lozy Hijab - Breena Tunik (Tunik Linen JFW Collection)

Rp399.000

Buy from here
Lozy Hijab - Tale Linen Set (One Set Linen JFW Collection)

Rp399.000

Buy from here
Pins
  1. Lozy Hijab - Breena Tunik (Tunik Linen JFW Collection)
  2. Lozy Hijab - Tale Linen Set (One Set Linen JFW Collection)

3Mongkis

3Mongkis merupakan salah satu jenama ready-to-wear yang kerap menunjukkan eksplorasi cut-out pakaian yang unik. Pada gelaran JFW 2024, brand fesyen lokal yang telah berdiri sejak 2014 itu mengangkat tema “Lotus” atau bunga teratai. 

Desainer di balik 3Mongkis, yakni Hetty Awi, menyajikan dekorasi dan cutting pakaian yang menyerupai sudut dan lengkung daun teratai. Serta warna-warna yang berfokus pada color palette kolam teratai, seperti pastel. Yaitu baby pink, hijau daun, abu-abu, cream dan biru muda.

Ada Warna Pastel, Motif Floral dan Adaptasi Denim. Inilah Prediksi Tren Busana Ready-To-Wear 2024 Dari Brand Lokal Indonesia 2-32
3Mongkis - Atasan Wanita Gilda Top

Rp345.000

Buy from here
3Mongkis - Kemeja Wanita Orina Top

Rp465.000

Buy from here
Pins
  1. 3Mongkis - Atasan Wanita Gilda Top
  2. 3Mongkis - Kemeja Wanita Orina Top

2. Prediksi Tren Busana Ready-to-wear 2024 Dari Brand Lokal Indonesia: Stay Neutral, Stay Professional

Warna netral terbilang timeless dan selalu ‘hidup’ setiap tahun, apapun tren yang sedang berlaku. Oleh sebab itu, beberapa desainer kerap memasukkan tone warna yang juga terkenal dengan istilah ‘monokrom’ itu dalam setiap koleksinya. Warna netral, atau monokrom, yang terdiri dari hitam, putih, cream dan coklat itu juga terkesan clean dan classy. Sehingga cocok untuk pakaian para professional atau pekerja kantoran. 

JFW 2024 mengelompokkan brand lokal yang memamerkan koleksi warna monokrom dengan nama “The Clean State”. Dua di antaranya yaitu Sabamodest dan Shop at Velvet.

Sabamodest

Buat kamu yang mencari baju kerja bernuansa minimalis namun elegan, koleksi Sabamodest bisa menjadi pilihan. Brand fesyen lokal besutan desainer Rani Hatta itu menyediakan sejumlah item yang terdiri dari warna hitam, putih dan cokelat. Bergaya casual, semi formal hingga formal. Seperti blazer, rok, jaket dan baju olahraga.

Koleksi Sabamodest yang bertajuk “Relax” itu juga menggunakan katun dan linen berkualitas tinggi. Serta berpotongan longgar untuk memberikan kenyamanan sehari-hari.

Ada Warna Pastel, Motif Floral dan Adaptasi Denim. Inilah Prediksi Tren Busana Ready-To-Wear 2024 Dari Brand Lokal Indonesia 3-31
Saba - Clean Cut Vest Clean Cut Skirt

Rp479.000

Buy from here
Saba - Sporty Jacket Sporty Cargo

Rp389.000

Buy from here
Pins
  1. Saba - Clean Cut Vest Clean Cut Skirt
  2. Saba - Sporty Jacket Sporty Cargo

‌Shop at Velvet

Busana ready-to-wear rancangan desainer Yessi Kusumo dari Shop at Velvet yang bertema “Lovequest” juga bernuansa monokrom. Bersiluet minimalis dengan bahan katun yang ringan serta potongan clean dan modern. Cocok untuk acara kasual, namun tetap menawan dalam balutan formal.

Ada Warna Pastel, Motif Floral dan Adaptasi Denim. Inilah Prediksi Tren Busana Ready-To-Wear 2024 Dari Brand Lokal Indonesia 4-31
Shopatvelvet - Max Skirt

Rp289.000

Buy from here
Shopatvelvet - Deandre Shirt White

Rp269.000

Buy from here
Pins
  1. Shopatvelvet - Max Skirt
  2. Shopatvelvet - Deandre Shirt White
  1. Prediksi Tren Busana Ready-to-wear 2024 Dari Brand Lokal Indonesia: Get More Feminine With Denim

Sejak awal pembuatannya, denim menjadi material pakaian yang erat kaitannya dengan gaya maskulin. Namun, dengan kreativitas tanpa batas dari para desainer mode, denim pun mampu menonjolkan kesan yang feminin.

Di panggung JFW 2024, sejumlah desainer dan brand lokal menunjukkan adaptasi kreatif terhadap material pakaian yang klasik dan timeless itu. Di antaranya yaitu jenama Sejauh Mata Memandang dan Nagita Slavina.

‌Sejauh Mata Memandang

Desainer jenama Sejauh Mata Memandang (SMM), Chitra Subijakto, mengeksplorasi denim bergaya feminin dalam koleksi terbarunya. Jenama lokal yang kerap mengusung aspek sustainability atau berkelanjutan dalam karyanya itu juga mengolah material denim menjadi lebih ramah lingkungan. Dalam koleksi bertajuk “Tarum” yang namanya berasal dari sejenis tumbuhan untuk pewarna alam indigo. 

Selain menggunakan pewarna alam yang mengurangi penggunaan air, SMM juga memakai empat jenis benang dalam proses pembuatannya. Yaitu benang daur ulang (recycled yard), benang katun yang terpintal manual. Lalu benang katun yang proses pewarnaannya menggunakan tumbuhan tarum. Serta benang dengan pewarna kayu secang untuk membuat denim dengan teknik tenun tangan. Berikut sejumlah item yang dapat kamu pilih.

Ada Warna Pastel, Motif Floral dan Adaptasi Denim. Inilah Prediksi Tren Busana Ready-To-Wear 2024 Dari Brand Lokal Indonesia 5-31
Vest Muara

Rp1.700.000

Buy from here
Baju Santai Muara

Rp2.000.000

Buy from here
Pins
  1. Vest Muara
  2. Baju Santai Muara

Nagita Slavina

Nagita Slavina merupakan salah satu aktris tanah air yang namanya juga bersinar di dunia fashion. Meski terbilang baru, namun karya-karyanya mampu mencuri perhatian. Di runway JFW 2024, istri dari aktor dan presenter kenamaan, Raffi Ahmad itu meluncurkan koleksi berbahan denim bertajuk “Epiphany“. Ibu dua anak itu bekerja sama dengan Lois Jeans untuk merekonstruksi ulang produk denim klasik. Menjadi busana ready-to-wear yang chic dan penuh warna, serta ragam pola yang kreatif.

Ada Warna Pastel, Motif Floral dan Adaptasi Denim. Inilah Prediksi Tren Busana Ready-To-Wear 2024 Dari Brand Lokal Indonesia 6-24
Matriarchy Wrapdress denim

Rp719.000

Buy from here
Matriarchy Blouse Denim Look Printed

Rp529.000

Buy from here
Pins
  1. Matriarchy Wrapdress denim
  2. Matriarchy Blouse Denim Look Printed
  1. Prediksi Tren Busana Ready-to-wear 2024 Dari Brand Lokal Indonesia: The Power of Flower

‌Tidak hanya real-life, bunga juga memiliki kekuatan yang luar biasa dalam fashion. Sedikit sentuhan saja pada pakaian, mampu membuat pemakainya terlihat lebih feminin. 

Sepanjang peragaan pekan mode musim semi 2024 di London dan New York, hampir tidak ada koleksi yang berlalu tanpa sentuhan bunga. Termasuk di Indonesia. Sejumlah jenama dan desainer lokal tampak menghiasi runway JFW 2024 dengan koleksi terbarunya dalam motif floral. Yaitu antara lain Suedeson dan Ria Miranda.

Suedeson

Jenama ready-to-wear lokal, Suedeson by Kimberly Tandra, menghadirkan keindahan flora dalam koleksi Phletora, yang bermakna berlimpah. Sesuai namanya, koleksi terbaru ini juga ‘berkelimpahan’ bunga-bunga dengan warna yang cerah. 

Selain menggunakan motif floral dalam teknik print, Suedeson juga menampilkan bunga-bunga dalam bentuk bordiran yang cantik, mendetail dan rapi. Hingga seakan-akan membalut tubuh pemakainya.

Ada Warna Pastel, Motif Floral dan Adaptasi Denim. Inilah Prediksi Tren Busana Ready-To-Wear 2024 Dari Brand Lokal Indonesia 7-21
Suedeson Hana Corset Top with adjustable lacings Atasan Wanita

Rp2.218.000

Buy from here
Suedeson Haori Denim Jacket

Rp3.500.000

Buy from here
Pins
  1. Suedeson Hana Corset Top with adjustable lacings Atasan Wanita
  2. Suedeson Haori Denim Jacket

‌Ria Miranda

Musim semi sepertinya datang lebih awal berkat Ria Miranda. Lewat koleksinya yang bertajuk “Bhrava”, bunga-bunga nan indah menghampar di runway JFW 2024.

Sebanyak 14 busana ready-to-wear RiaMiranda bermotif floral hadir dengan warna cerah. Siluet A-line, layering, dan asimetris, serta pilihan bahan dari Daliatex seperti sheer, luxury organza, dan satin yang anggun dan nyaman.

Ada Warna Pastel, Motif Floral dan Adaptasi Denim. Inilah Prediksi Tren Busana Ready-To-Wear 2024 Dari Brand Lokal Indonesia 8-13
Riamiranda - Norra Dress

Rp1.100.000

Buy from here
Riamiranda - Rosse Top

Rp750.000

Buy from here
Pins
  1. Riamiranda - Norra Dress
  2. Riamiranda - Rosse Top
  1. Prediksi Tren Busana Ready-to-wear 2024 Dari Brand Lokal Indonesia: Mixed Patterns, Looks Elegant

Tidak hanya satu, sejumlah desainer juga ‘mengawinkan’ beberapa motif, dalam koleksi ready-to-wear di JFW 2024. Hingga memberikan dimensi yang menarik dan look yang lebih elegan. Seperti Benang Jarum dan Zytadelia.

Benang Jarum

Dalam JFW 2024, Benang Jarum membawa koleksi terbarunya bernama “The Amona Series”. Koleksi jenama luxury lifestyle yang sudah berdiri sejak 2016 itu menonjolkan detail motif cetak gabungan. Yakni bunga-bunga klasik dan garis geometris yang berani, serta monogram lambang khas dari brand lokal besutan Linda Anggreaningsih itu. 

Motif-motif yang tegas itu berpadu dengan bahan soft satin, micado, dan cotton. Serta variasi warna biru muda dan navy, dusty pink, burgundy, cokelat, serta krem. Hingga menghasilkan tampilan yang mewah dan elegan, sekaligus nyaman dan leluasa bergerak.

Ada Warna Pastel, Motif Floral dan Adaptasi Denim. Inilah Prediksi Tren Busana Ready-To-Wear 2024 Dari Brand Lokal Indonesia 9-9
Benang Jarum - Amona Pleated Skirt - Multicolor

Rp875.000

Buy from here
Benang Jarum - Amona Belted Tunic Shirt - Terracota

Rp875.000

Buy from here
Pins
  1. Benang Jarum - Amona Pleated Skirt - Multicolor
  2. Benang Jarum - Amona Belted Tunic Shirt - Terracota

Zytadelia

Senada dengan Benang Jarum, Jenama lokal Zyta Delia juga memamerkan koleksinya yang memesona dalam JFW 2024. Berupa tunik, kemeja dan dress mewah nan elegan berbahan satin yang lembut. Serta konsep dua tone warna dan motif yang berbeda, yakni floral, garis geometris, monogram dan lain-lain. Berikut rekomendasi produknya yang mencuri perhatian. 

Ada Warna Pastel, Motif Floral dan Adaptasi Denim. Inilah Prediksi Tren Busana Ready-To-Wear 2024 Dari Brand Lokal Indonesia 10-8
ZYTADELIA - Elegance Layered Sleeve Russet Orange

Rp499.000

Buy from here
ZYTADELIA Elegance One Set Orange

Rp434.000

Buy from here
Pins
  1. ZYTADELIA - Elegance Layered Sleeve Russet Orange
  2. ZYTADELIA Elegance One Set Orange

Itulah prediksi tren busana ready-to-wear 2024 dari brand lokal Indonesia. Yuk koleksi semuanya. 

Written by Citra Lestari

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0

Rekomendasi Produk Brand Lokal untuk Inspirasi Makeup Tahun Baru