in

Bukan Hanya Penyedap Rasa, Ini Dia Manfaat Garam Berdasarkan Jenisnya

Source: Facebook

Garam, butiran putih dengan rasa yang asin ini memang menjadi primadona dalam penyedap makanan. Tanpa garam, makanan apapun akan terasa hambar. Namun, selain dapat memberikan rasa yang lezat pada makanan, garam ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita.

Garam mengandung natrium yang berfungsi untuk menahan cairan dalam sel-sel tubuh. Dengan mencukupi konsumsi garam setiap harinya, kita akan terhindar dari kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Namun, jika berlebihan, keseimbangan cairan tubuh dapat terganggu. Sehingga meningkatkan resiko berbagai penyakit.

Kementerian Kesehatan telah memberikan anjuran konsumsi garam per orang setiap harinya. Yaitu sebanyak 2000 miligram (5 gram), atau setara dengan satu sendok teh. 

Baca juga: Alternatif Pengganti Kecap Manis Untuk Sensasi Rasa Istimewa Makanan!

Berdasarkan teksturnya, garam terbagi dalam dua tekstur, yaitu halus dan kasar. Garam halus memiliki butiran yang kecil, halus dan bersih karena sudah melewati beberapa tahap pengolahan. Bisa kita temukan pada garam dapur sebagai penyedap rasa makanan. Sementara garam kasar memiliki butiran yang lebih besar sehingga teksturnya kasar. Biasanya terdapat pada garam laut.  

Tidak hanya garam dapur, yang kita kenal sebagai penyedap rasa, garam juga terdiri dari berbagai jenis. Masing-masing jenis garam memiliki manfaat yang berbeda-beda, namun sama-sama baik untuk kesehatan kita. Pilihan warnanya pun juga beragam. Jika dulu kita hanya mengenal garam yang berwarna putih halus, sekarang ada juga yang berwarna merah mudah (pink) dan abu-abu muda (light grey). 

Berikut adalah enam jenis garam yang bermanfaat baik untuk kesehatan beserta rekomendasi produknya dari Modusgaia. Ada garam dapur, garam laut, garam celtic, garam himalaya, garam diet dan garam epsom.

Garam Dapur atau Garam Meja

Sebelum kita gunakan sebagai penyedap rasa pada masakan, garam dapur atau yang istilah lainnya adalah garam meja telah melewati banyak pengolahan. Sehingga memiliki tekstur yang sangat halus dan mengandung mineral yodium, atau iodium yang penting untuk tubuh.

Beberapa manfaat garam dapur beryodium antara lain dapat menjaga produksi hormon tiroid, mencegah tekanan darah rendah, memelihara keseimbangan cairan tubuh, memelihara fungsi organ tubuh dan mencegah gangguan perkembangan otak. 

Garam dapur merupakan salah satu jenis garam yang sangat mudah kita jumpai. Mulai dari toko kecil hingga besar, semua menjual garam dapur. Namun, untuk  mendapatkan manfaat yang maksimal dari garam dapur, kamu dapat memilih Garam Meja Refina.

Refina adalah garam konsumsi hasil teknologi Refinery. Yaitu proses pengolahan dengan tahap pelarutan, pengendapan kotoran dan penyaringan logam berat kemudian menjadi kristal dengan menggunakan mesin modern berteknologi tinggi. Memiliki karakteristik fisik yang bersih, berwarna putih tanpa pewarna. Teksturnya halus dan minim kotoran serta tidak berbau. Mengandung yodium minimal 30 ppm untuk mencukupi kebutuhan harianmu.

Garam meja dari produsen UnichemCandi Indonesia ini mengandung natrium klorida (NaCl) murni yang lebih besar dari 99,25 persen. Tidak menggumpal, tidak menyerap air, karena bebas ion logam kalsium dan magnesium (Ca+ Mg- Ion). Sehingga dapat menghasilkan makanan yang tidak lembab dengan rasa yang lebih gurih dan nikmat.

Bukan Hanya Penyedap Rasa, Ini Dia Manfaat Garam Berdasarkan Jenisnya Garam-Meja
Garam Meja Refina

Rp9.500,-

Buy from here
Pins
  1. Garam Meja Refina

Garam Laut (Sea Salt)

Banyak orang yang mengira garam laut sama dengan garam dapur. Padahal keduanya memiliki perbedaan. Meski sama-sama berasal dari laut dan memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai penyedap rasa, garam meja dan garam laut memiliki perbedaan pada tekstur, rasa dan proses pembuatannya.

Garam dapur merupakan hasil endapan garam yang terolah menjadi kristal halus, sedangkan garam laut berasal dari penguapan air laut dan memiliki tekstur yang kasar. Meski tidak mengandung yodium seperti garam dapur, di dalam garam laut terkandung beberapa mineral penting, seperti magnesium, kalsium dan kalium.  

Garam laut memiliki kandungan natrium yang lebih rendah dan rasa yang lebih tajam daripada garam dapur. Jadi, kamu hanya perlu menuangkannya sedikit saja untuk menambah rasa pada makanan.

Selain sebagai penyedap rasa, garam laut juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk kesehatan, garam laut dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi, mengurangi retensi cairan, mengurangi stress dengan cara mencampurkannya ke dalam air mandi, menyeimbangkan elektrolit untuk kesehatan otot, otak dan jantung.

Untuk kecantikan, garam laut dapat merawat kulit dan menghaluskannya. Caranya yaitu dengan mencampurkan garam laut dengan madu sebagai scrub wajah atau dengan minyak zaitun sebagai scrub tubuh. Cara ini dapat membuat sel-sel kulit mati terangkat dan kulit menjadi lebih cerah dan halus.

Baca juga: Rekomendasi Body Scrub Untuk Kulit Bersih, Lembap Dan Bercahaya

Agar manfaat kesehatan dan kecantikan dari garam laut bisa kamu dapatkan dengan baik, pilih garam laut alami berkualitas asli Indonesia, salah satunya adalah PURA Purest Sea Salt Fine Halus Garam Laut Organik Natural.

Pura Sea Salt adalah Garam Natural (Unrefined Salt), tanpa melalui proses bleaching, tanpa anti caking dan bahan tambahan kimia lainnya. Prosesnya yang natural dapat menjaga kandungan mineral yang penting untuk tubuh serta memiliki kandungan natrium yang lebih rendah.  

Pura Sea Salt telah tersertifikasi BPOM, Halal MUI, SNI dan bersertifikasi ISO 22000 (Food Safety) serta Gluten Free dan Non GMO. Produsen garam asal Sidoarjo, Jawa Timur ini menghadirkan Sea Salt alami pertama di Indonesia yang hanya menggunakan bahan baku berkualitas dan hanya memanennya 1 kali dalam 1 tahun. Menjadikannya sebagai garam laut terbaik dan paling murni.

Bukan Hanya Penyedap Rasa, Ini Dia Manfaat Garam Berdasarkan Jenisnya Garam-Laut
PURA Purest Sea Salt Fine Halus Garam Laut Organik Natural

Rp42.000,-

Buy from here
Pins
  1. PURA Purest Sea Salt Fine Halus Garam Laut Organik Natural

Garam Celtic (Celtic Salt)

Garam celtic merupakan salah satu jenis garam laut hasil panen dari Laut Celtic di lepas pantai Perancis. Berwarna keabuan dan mengandung sedikit air. Memiliki kandungan natrium yang lebih rendah dari garam dapur biasa.

Meski warnanya berbeda dari garam laut pada umumnya, namun garam celtic memiliki manfaat yang sama dengan garam laut. Mengandung magnesium, kalsium, dan kalium dengan kadar yang sesuai rekomendasi para ahli kesehatan. 

Kamu dapat menemukan garam celtic rekomendasi dari para profesional di bidang kesehatan dan juga para koki pada produk Selina Naturally. Celtic Sea Salt Light Grey dari Selina Naturally berbentuk kristal dengan tekstur kasar. Kaya mineral dan pH basa yang penting untuk asimilasi natrium dalam tubuh. 

Dengan rasa yang lebih istimewa dan tanpa zat aditif, kamu dapat menambahakan garam celtic dalam hidangan apapun untuk menambah selera makanmu.

Bukan Hanya Penyedap Rasa, Ini Dia Manfaat Garam Berdasarkan Jenisnya Celtic-Salt
Celtic Sea Salt Light Grey

Rp152.000,-

Buy from here
Pins
  1. Celtic Sea Salt Light Grey

Garam Himalaya (Himalayan Salt)

Garam himalaya berasal dari Khewra Salt Mine, pertambangan garam terbesar kedua di dunia yang terletak di Pakistan, tepatnya 1,5 km di kaki gunung Himalaya. Terkenal sebagai garam paling murni karena karena tidak melewati proses pembuatan yang berlebihan dan tidak mengandung zat kimia tambahan.

Garam himalaya mengandung mineral yang penting untuk tubuh seperti potasium, magnesium, kalsium, kalium, yodium, seng, dan selenium. Dengan kandungan tersebut, garam himalaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Seperti dapat menyeimbangkan pH tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, mengontrol tekanan darah, mencegah dehidrasi dan kram otot, membantu tubuh melawan infeksi, menjaga pembuluh darah sehat, menjaga tulang tetap kuat dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan.

Garam Himalaya memiliki ciri yang unik dari warnanya. Meski sama-sama menjadi penyedap rasa, seperti garam dapur dan garam laut, namun garam himalaya bukanlah berwarna putih, melainkan merah muda (pink).

Baca juga: Rekomendasi Menu Vegan Sebagai Gaya Hidup Sehat Baru

Garam himalaya asli berwarna merah muda dari kandungan zat besi di dalamnya dengan tekstur yang halus dan tanpa bahan pewarna, dapat kamu temukan pada Garam Himalaya Premium Original dari Timur Tengah Indonesia. Sebuah produsen produk-produk makananan dan minuman otentik dari Timur Tengah yang berbasis di Jakarta Pusat.

Bukan Hanya Penyedap Rasa, Ini Dia Manfaat Garam Berdasarkan Jenisnya Himalayan
Garam Himalaya Premium Original

Rp26.800,-

Buy from here
Pins
  1. Garam Himalaya Premium Original

Garam Diet

Garam diet merupakan pengganti garam dapur yang biasa kita konsumsi. Memiliki kadar natrium yang lebih rendah dari garam biasa. Sangat cocok untuk kamu yang sedang menjaga pola makan (diet) atau penderita hipertensi.

Nutrisalin merupakan garam diet terbaik yang ada di pasaran. Dengan kadungan natrium yang lebih rendah hingga 50 persen, garam produksi Nutrimedindo ini memiliki tekstur yang lebih halus dan lebih banyak kandungan mineral bermanfaat. Seperti kalium dan magnesium. Baik untuk perawatan hipertensi, pencegahan stroke serta kebutuhan binaraga untuk mengurangi kadar air dalam otot.

Garam diet Nutrisalin mengandung Iodium dan memiliki rasa asin senikmat garam dapur sehingga memenuhi persyaratan sebagai garam konsumsi.

Bukan Hanya Penyedap Rasa, Ini Dia Manfaat Garam Berdasarkan Jenisnya Garam-Diet
Garam Sehat Nutrisalin

Rp90.000,-

Buy from here
Pins
  1. Garam Sehat Nutrisalin

Garam Epsom (Epsom Salt)

Meski memiliki bentuk serupa dengan garam dapur dan garam laut, namun garam yang berasal dari mata air yang mengandung saline di Epsom, Surrey, Inggris ini memiliki kandungan yang sangat berbeda. Garam epsom terbentuk dari mineral magnesium, sulfur (belerang) serta oksigen, bukan natrium klorida sebagaimana kandungan garam untuk memasak.

Kandungan magnesium sulfat pada garam epsom dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun atau detoksifikasi. Caranya yaitu dengan mencampurkannya ke dalam air hangat untuk mandi atau berendam. Bukan untuk memasak, karena memiliki rasa yang pahit, tidak asin.

Baca juga: Aneka Pilihan Snack Bar Lezat Sebagai Camilan Sehat

Beberapa manfaat lain dari penggunaan garam epsom sebagai larutan air untuk berendam adalah dapat meredakan stress dan memberi efek relaksasi pada tubuh. Mengurangi rasa sakit dan kram otot. Membantu otot dan saraf untuk berfungsi normal. Mencegah pengerasan pada arteri dan penggumpalan darah. Membantu tidur lebih nyenyak dan menjaga kesehatan rambut dan kepala.

Tertarik untuk mencoba? Epsom Salt FG dari Organic Supply Co. bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Karena mengandung 100% Pure Magnesium Sulfate dan sudah terstandarisasi serta memiliki izin dari BPOM. 

Sebagai rendaman, kamu bisa campurkan 1-2 cangkir Organic Supply Co. Epsom Salt FG ke dalam air mandi hangat lalu berendamlah selama minimum 20 menit. Jika menggunakan shower, kamu bisa mencampurkan satu genggam garam epsom dengan satu sendok makan sabun mandi cair dan pijat ke kulit basah. Cara ini dapat mengangkat sel kulit mati dan melembutkan kulit.

Untuk membantu mengurangi rasa pegal dan melembutkan kulit kaki yang kasar, campurkan satu cangkir garam epsom ke dalam air hangat. Lalu rendam kakimu selama 10 menit.

Bukan Hanya Penyedap Rasa, Ini Dia Manfaat Garam Berdasarkan Jenisnya Epsom
Organic Supply Co Epsom Salt 1Kg

Rp100.000,-

Buy from here
Pins
  1. Organic Supply Co Epsom Salt 1Kg

Itulah enam jenis garam yang baik untuk kesehatan. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsilah garam dalam batas yang wajar. Karena segala sesuatu yang berlebihan akan memiliki efek samping yang tidak baik bagi tubuh.

Written by Citra Lestari

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0
manfaat madu rambutan

Jenis-Jenis Madu Dan Manfaatnya

rekomendasi body scrub untuk ibu hamil

Rekomendasi Body Scrub Untuk Kulit Bersih, Lembap, dan Bercahaya