in

Kilas Balik Momen Pekan Mode Lokal Di Berbagai Daerah Pada 2023 Yang Hadirkan Kreativitas Dalam Pesona Budaya Indonesia

Keragaman budaya Indonesia yang penuh pesona berpadu dengan kreativitas tanpa batas dapat menghasilkan sebuah produk fesyen yang indah. Hal itu terlihat dalam gelaran mode di beberapa daerah di Indonesia. Sepanjang 2023, sejumlah pekan mode di daerah sukses menarik antusiasme pecinta fashion di seluruh penjuru nusantara. Karena menghadirkan karya-karya terbaik dari perancang lokal yang penuh talenta.

Dari blouse kasual yang terbuat dari kain endek Bali di Kuta Fashion Week. Lalu batik-batik nan cantik di Yogyakarta Fashion Week. Hingga kekayaan wastra Sumatera Utara (Sumut) yang apik di Lake Toba Fashion Week.

Untuk menambah inspirasimu, inilah kilas balik momen pekan mode lokal di berbagai daerah yang hadirkan kreativitas dalam pesona budaya Indonesia. Jika kamu tertarik memilikinya, silahkan klik produk yang kamu suka untuk mendapatkan penawaran spesial dari Modusgaia dalam program “Local Festive“.

  1. Kilas Balik Pekan Mode Lokal di Berbagai Daerah: Kuta Fashion Week 2023

Kuta, dengan segala keindahannya, telah menjadi destinasi favorit wisatawan dalam negeri dan mancanegara saat berada di Bali. Hal itulah yang mendasari Cap Bali Foundation menggelar Kuta Fashion Week (KFW) pertama pada 2023. Yaitu untuk memperkenalkan para pelaku ekonomi kreatif, khususnya di bidang fashion, dengan memanfaatkan kunjungan pariwisata ke Kuta. Serta membangun jembatan antara warisan budaya Bali dan tren fashion terkini. Sambil memberikan peluang bagi desainer untuk memperluas cakupan mereka di panggung internasional.

Bersama 12 UKM (Usaha Kecil Menengah) dan 28 desainer lokal berbakat, Kuta Fashion Week 2023 telah sukses terselenggara. Tepatnya pada 18-31 Juli 2023 di Beachwalk Shopping Center, salah satu pusat perbelanjaan terbaik di Kuta.

Serba-Serbi Cap Bali

Selain menjadi penyelenggara, Cap Bali juga memamerkan koleksinya di fashion show hari pertama. Brand fesyen lokal milik Putu Fitri yang telah 10 tahun berdiri itu mengangkat kearifan lokal Bali dan sentuhan gaya kekinian. Seperti set blazer dan trouser berwarna biru dari bahan tenun endek yang nyaman untuk kamu gunakan sehari-hari.

Kilas Balik Momen Pekan Mode Lokal Di Berbagai Daerah Pada 2023 Yang Hadirkan Kreativitas Dalam Pesona Budaya Indonesia 1-27
Set Endek Blazer Jas Panjang Motif Klasik Biru

Rp680.000

Buy from here
Pins
  1. Set Endek Blazer Jas Panjang Motif Klasik Biru

Di hari berikutnya, sejumlah koleksi dari Marta Ayu House of Kebaya hadir mencuri perhatian. Merek fesyen lokal milik Marta Ayu Ni Nyoman Ayu Sumawati itu menyediakan kain kebaya bordir dan kain lukis sejak 2013. Bagi perempuan Bali, kebaya sudah menjadi bagian yang melekat pada tradisi dan budaya masyarakat. Dari saat melakukan aktivitas harian, berniaga, pernikahan hingga upacara keagamaan, setiap perempuan Bali mengenakan kebaya. Beserta selendang dan kamen, atau kain bawahan.

Koleksi Marta Ayu House of Kebaya di platform marketplace ternama terbilang laris manis. Di Shopee, sebagian besar item telah berlabel “Sold Out“. Namun kamu masih dapat memilih salah satunya. Yaitu Kebaya Sutra Malam Batik yang tersedia dalam dua variasi warna, black brick dan off-white. Terbuat dari silk crepe yang lembut serta motif anggun dan menawan. 

Kilas Balik Momen Pekan Mode Lokal Di Berbagai Daerah Pada 2023 Yang Hadirkan Kreativitas Dalam Pesona Budaya Indonesia 2-28
Kebaya Sutra Malam Batik

Rp607.000

Buy from here
Selendang Glowing

Rp45.000

Buy from here
Pins
  1. Kebaya Sutra Malam Batik
  2. Selendang Glowing
  1. Kilas Balik Pekan Mode Lokal di Berbagai Daerah: Semarang Fashion Trend 2023

Dari Bali, kita menyebrang ke pulau Jawa. Pada 9-12 Agustus 2023, berlangsung Semarang Fashion Trend (SFT) 2023. Hasil kolaborasi Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Semarang dan Indonesian Fashion Chamber (IFC). Gelaran tahunan ini pun semakin mengibarkan nama Kota Semarang sebagai salah satu kota mode. Sekaligus menjadi acuan trend di Indonesia yang mengutamakan konten lokal.

Sejumlah nama desainer kenamaan mewarnai pekan mode yang berlangsung di Fashion Hall, BBPVP Semarang, itu. Seperti Samuel Wattimena, perancang busana yang sering bersentuhan dengan para pengusaha UMKM. Samuel mengajak 18 desainer lain yang berasal dari Jakarta dan Semarang untuk bergabung melalui peragaan ini.

Salah satunya yaitu Olif Kinanthi dengan mereknya Wastra Batik Semarang. Salah satu artisan batik ternama dari Kota Semarang itu cukup menarik perhatian. Karena terus mencoba mengembangkan motif produk dan melahirkan tren baru dalam dunia fashion.

Pada 2007, Siti Kholifah, atau yang terkenal dengan sapaan ‘Olif’ itu mengikuti pelatihan batik dari Pemkot Semarang. Usai pelatihan, Ia langsung memulai produksi dan mengenalkan batik di berbagai tempat sejak 2009. Dari mulai menitipkannya kepada rekan saat ada pameran di Jakarta, lalu hadir di berbagai fashion show ternama. Hingga menjadi langganan Ibu negara dan jajaran menteri.

Sejumlah karya perempuan kelahiran 1969 itu juga hadir di platform marketplace ternama. Seperti Dress Nitik Gelombang Hitam Kuning dan Outerwear Tittari Kupu Kuning. Koleksi busana batik dengan material rayon yang nyaman. Serta motif batik sederhana yang mudah di ‘mix n match’

Kilas Balik Momen Pekan Mode Lokal Di Berbagai Daerah Pada 2023 Yang Hadirkan Kreativitas Dalam Pesona Budaya Indonesia 3-27
Olif x APR - Dress nitik gelombang hitam kuning

Rp485.000

Buy from here
Olif x APR - outerwear tittari kupu kuning

Rp435.000

Buy from here
Pins
  1. Olif x APR - Dress nitik gelombang hitam kuning
  2. Olif x APR - outerwear tittari kupu kuning

Koleksi My Daily Hijab

Sementara buat kamu yang berhijab, koleksi dari My Daily Hijab juga bisa menjadi pilihan. Salah satu jenama lokal yang berdiri pada 2012 di Kabupaten Semarang itu menghadirkan koleksi dengan desain motif print yang cerah dan ceria. Selain itu, sang pemilik, Novita Dwi Parastuti, juga mengutamakan kenyamanan, sehingga cocok untuk kamu kenakan sehari-hari. Salah satunya yaitu Zivana Jacket, yang modis, nyaman dan ringan dengan bahan maxmara ultimate. Paduan motif dan bahan maxmara juga mampu menonjolkan kesan chic dan feminin. 

Kilas Balik Momen Pekan Mode Lokal Di Berbagai Daerah Pada 2023 Yang Hadirkan Kreativitas Dalam Pesona Budaya Indonesia 4-27
My Daily Hijab Zivana Jacket

Rp335.750

Buy from here
Pins
  1. My Daily Hijab Zivana Jacket
  1. Kilas Balik Pekan Mode Lokal di Berbagai Daerah: Lake Toba Fashion Week 2023

Dari Jawa, kita menyebrang ke Pulau Sumatera. Pada 6-8 Oktober 2023, gelaran mode di wilayah Sumatera Utara bertajuk Lake Toba Fashion Week 2023 telah berlangsung dengan sukses. Meski baru pertama kali terselenggara, namun pelaksanaan pekan mode tersebut sangat meriah. Mulai dari tata panggung, lighting, LED backdrop, sound system dan lain-lain. Hingga mendatangkan ribuan pengunjung. Kehadiran desainer kondang Poppy Dharsono pun turut menambah antusiasme para penggiat mode di Sumatera Utara. 

Gelaran busana yang mengambil tempat di kawasan hutan pinus Geosite Sipinsur, Humbang Hasundutan (Humbahas), itu berhasil mengangkat produk fashion lokal. Dari pelaku UMKM di delapan Kabupaten sekitar Kawasan Danau Toba. Salah satunya yaitu Humbang Kriya, yang membawa konsep eco fashion. Tidak tanggung-tanggung, UMKM binaan Asuransi Sinar Mas itu tampil selama tiga hari berturut-turut. 

Pada hari pertama, Humbang Kriya mempersembahkan lima busana hasil kolaborasi dengan desainer Nick Djatnika. Seorang perancang busana khusus untuk seragam tim front office dan tim service hotel-hotel ternama. Dengan mengolaborasikan Humbang Shibori dan Humbang Batik bersama tenun lurik, terciptalah seragam yang elegan dan sarat akan nilai budaya. Selain itu, ada juga penampilan lima busana dari koleksi Shine Collection by Humbang Kriya. Berupa dress dan outer ready to wear dari kain Humbang Batiq dengan paduan organza yang berkesan chic.

Hari kedua, Humbang Kriya membawa Shine Collection serta kolaborasi dengan Windy Chandra. Koleksi tersebut menampilkan sejumlah dress yang memadukan Humbang Shibori dan Tenun Songket Humbang dalam gaya smart casual hingga couture. Serta koleksi outer yang serasi dengan busana muslim.

Di hari terakhir LTFW 2023, Shine Collection by Humbang Kriya kembali menampilkan busana couture. Dengan memanfaatkan kombinasi kain Humbang Shibori dan Tenun Songket Humbang. Menggunakan benang katun dan benang yang terbuat dari limbah plastik.

Berikut sejumlah koleksi Humbang Kriya yang dapat kamu pilih di platform marketplace Tokopedia. 

Kilas Balik Momen Pekan Mode Lokal Di Berbagai Daerah Pada 2023 Yang Hadirkan Kreativitas Dalam Pesona Budaya Indonesia 5-27
Blouse Humbang Batiq 03

Rp750.000

Buy from here
Tenun Songket Humbang 01

Rp1.000.000

Buy from here
Pins
  1. Blouse Humbang Batiq 03
  2. Tenun Songket Humbang 01
  1. Kilas Balik Pekan Mode Lokal di Berbagai Daerah: Malang Fashion Week 2023

Dari Sumatera, kita kembali ke Pulau Jawa, tepatnya di bagian timur, yakni Malang. Pada 2-5 November 2023 telah berlangsung gelaran busana Malang Fashion Week (MFW) di Fashion Tenant Sarinah Mall. Sekitar 289 desainer dari berbagai daerah, baik lokal dan nasional hingga internasional hadir memamerkan karyanya. Dari luar negeri, ada 13 desainer yang berasal dari negara tetangga, seperti Thailand, Singapura dan Kuala Lumpur. Sementara dari dalam negeri, ada sekitar 60 desainer dari kalangan profesional dan sisanya merupakan young designer

Di tahun keenam penyelenggaraannya, MFW 2023 melakukan kolaborasi dengan para pelaku UMKM yang tersebar di Malang Raya. Untuk memberikan peluang sekaligus terobosan baru dalam meningkatkan perekonomian di Kota Malang.

Dengan mengangkat tema ‘Diverse’, atau keberagaman, para perancang berhasil menunjukkan kreativitasnya dalam memadukan corak kearifan lokal dalam gaya busana kekinian. Seperti desainer asal Malang, Zizi Rahmania, dengan labelnya Feyzion yang ‘tumpuk-menumpuk’ wastra Indonesia dengan kain polos. Sehingga menjadi busana yang unik dan cute. Serta sopan karena umumnya berukuran longgar. 

Kilas Balik Momen Pekan Mode Lokal Di Berbagai Daerah Pada 2023 Yang Hadirkan Kreativitas Dalam Pesona Budaya Indonesia 6-21
FEYZION Outer Set Kulot Unik Premium Show Edition

Rp959.000

Buy from here
FEYZION Ethnic Lolly Collection Set Gamis Khimar

Rp965.000

Buy from here
Pins
  1. FEYZION Outer Set Kulot Unik Premium Show Edition
  2. FEYZION Ethnic Lolly Collection Set Gamis Khimar

Serba-Serbi Designer Trya Febianie

Karya perancang asal Malang lainnya yang tidak kalah menarik perhatian yakni Antique Batik milik Trya Febianie. Perancang yang berkecimpung di dunia mode sejak 2013 lalu itu kerap menciptakan busana dengan pesona budaya Indonesia, yakni batik Malang. Keunikan inilah yang membuat butiknya di wilayah Penanggungan, Klojen, Jawa Timur, ramai pembeli. Kamu mau juga? Berikut rekomendasi produknya.

Kilas Balik Momen Pekan Mode Lokal Di Berbagai Daerah Pada 2023 Yang Hadirkan Kreativitas Dalam Pesona Budaya Indonesia 7-18
Gaun THE BEAUTY OF BATIK MALANG Series

Rp1.500.000

Buy from here
Gaun Etnik KIREI NO TORI Series

Rp1.500.000

Buy from here
Pins
  1. Gaun THE BEAUTY OF BATIK MALANG Series
  2. Gaun Etnik KIREI NO TORI Series
  1. Kilas Balik Pekan Mode Lokal di Berbagai Daerah: Jogja Fashion Week 2023

Selang beberapa hari setelah Malang, Jogja Fashion Week (JFW) yang ke-18 berlangsung dengan meriah. Tepatnya pada 9-12 November 2023 di Jogja Expo Center (JEC), Bantul. Gubernur DIY, Sri Sultan HB X yang hadir saat pembukaan mengatakan bahwa JFW dapat mempromosikan Yogyakarta. Sebagai salah satu destinasi pariwisata fashion. Mendorong berkembangnya industri kreatif, meningkatkan nilai tambah dan kesejahteraan pelaku fashion serta perekonomian di DIY.

Selain menampilkan fashion show dan pameran, JFW 2023 juga menggelar seminar dan talkshow. Lomba inovasi, serta business matching, dengan menghadirkan buyer nasional dan internasional secara daring. 

Gelaran busana bertema “Becoming Word Fashion Capital” itu menghadirkan ratusan desainer dari Jogja dan berbagai daerah di Indonesia. Masing-masing karyanya mampu mencuri perhatian para pecinta fesyen yang hadir. Karena memadukan kreativitas dengan pesona budaya Indonesia, salah satunya yaitu Lori. 

Lori merupakan merek busana dari Jogjakarta yang mengangkat kain tradisional dari Pulau Jawa, khususnya Jogjakarta, yakni Lurik. Kain dengan ciri khas motif garis-garis vertikal dan horizontal yang terbuat dengan alat tenun. Berdiri sejak 2017, label wearlori.lurik terus menciptakan karya busana yang tidak hanya menarik namun juga nyaman untuk aktivitas sehari hari. Seperti Elina Dress dan Osse Crop Blazer. 

Kilas Balik Momen Pekan Mode Lokal Di Berbagai Daerah Pada 2023 Yang Hadirkan Kreativitas Dalam Pesona Budaya Indonesia 8-10
Elina dress

Rp699.000

Buy from here
Osse Crop Blazer

Rp450.000

Buy from here
Pins
  1. Elina dress
  2. Osse Crop Blazer

Batik Ecoprint Asal Jogja

Selain batik tradisional, batik ecoprint dari brand asal Jogjakarta, Prajan Eco, juga mampu memikat hati para pecinta fesyen yang hadir. Betik ecoprint, yang sedang tren itu memang terbilang unik. Karena penerapan pola pada kain atau bahan menggunakan bahan alami, seperti daun. Matius Indarto, pemilik Prajan Eco, telah menggunakan bahan dari alam yang ramah lingkungan itu sejak lima tahun lalu. Kini, kamu juga dapat mengkreasikannya dengan berbagai gaya. 

Kilas Balik Momen Pekan Mode Lokal Di Berbagai Daerah Pada 2023 Yang Hadirkan Kreativitas Dalam Pesona Budaya Indonesia 9-7
Kain Ecoprint Pounding HapaZome Series

Rp625.000

Buy from here
Pins
  1. Kain Ecoprint Pounding HapaZome Series

Itulah kilas balik momen pekan mode lokal di berbagai daerah pada 2023 yang hadirkan kreativitas dalam pesona budaya Indonesia. Mana yang jadi favoritmu, Modusers? 

Written by Citra Lestari

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0
Sepatu Lokal

6 Rekomendasi Sepatu Lokal Yang Jadi Pilihan Para Petinggi Negara Indonesia. Berkualitas dan Harganya Terjangkau

Jam Tangan Lokal

Tampil Stylish dengan Sentuhan Lokal, Ini Rekomendasi Jam Tangan Lokal yang Perlu Kamu Miliki