in

Mengenal Konsep Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan beserta Penerapannya pada Berbagai Event. Termasuk Konser Coldplay dan Java Jazz Festival

Ramah Lingkungan

Beberapa tahun terakhir, dampak pemanasan global atau global warming, seperti peningkatan suhu di seluruh dunia semakin terasa. Sejak tahun 1980-an hingga 2021 kenaikan suhu global telah meningkat dua kali lebih cepat daripada periode sebelumnya. Hal inilah yang memicu terjadinya cuaca ekstrem. Seperti hujan dengan intensitas tinggi selama berhari-hari hingga menyebabkan banjir bandang. Serta gelombang panas ekstem yang membuat sebagian besar wilayah di berbagai negara mengalami kekeringan dan kebakaran hutan berskala besar.

Untuk menyelamatkan bumi dari dampak pemanasan global, banyak orang di seluruh dunia yang mulai menerapkan konsep ramah lingkungan dan berkelanjutan. Konsep ramah lingkungan (eco-friendly) merujuk pada tindakan yang tidak merusak lingkungan dan mendukung kelestarian alam. Sementara berkelanjutan (sustainable) berfokus pada pemenuhan kebutuhan hidup jangka panjang. 

Hingga pertengahan tahun 2023, konsep ramah lingkungan dan berkelanjutan telah menjadi highlight dari berbagai event terkemuka di dunia, termasuk Indonesia. Mulai dari musik, film, fashion hingga olahraga. Seperti konser Coldplay di Jakarta, Festival Film Cannes di Perancis dan bisnis fashion terbaru dari aktris Hollywood Angelina Jolie. Serta event olahraga Bali Spirit Festival dan Java Jazz Festival. 

Seperti apa penerapan konsep ramah lingkungan dan berkelanjutan dari berbagai event tersebut? Yuk simak informasinya di bawah ini beserta rekomendasi produknya dari Modusgaia.

1. Konser Coldplay yang Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Mengenal Konsep Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan beserta Penerapannya pada Berbagai Event. Termasuk Konser Coldplay dan Java Jazz Festival unnamed-300x243
Source: Pinterest

Band pop-alternatif asal Inggris, Coldplay merupakan salah satu band yang sedang menjadi sorotan karena mengusung konsep ramah lingkungan dan berkelanjutan. Tepatnya pada konser album terbarunya, “Music of the Spheres World Tour”, yang berlangsung sejak 18 Maret 2022 hingga penghujung tahun 2023.

Prosesnya cukup panjang, Coldplay bahkan memutuskan untuk tidak melakukan tur pada 2019 hingga dapat menjalankan tur yang lebih ramah lingkungan. Setelah menyelenggarakan world tour untuk album ketujuhnya “A Head Full of Dreams” pada 2016-2017 silam.

Akhirnya, setelah mengembangkan ide selama dua tahun lebih, Coldplay comeback ke atas panggung tur. Di seluruh dunia, termasuk Indonesia, yang akan berlangsung pada 15 November 2023.

Mengutip laman resminya, Coldplay menjalankan tur “Music of the Spheres” berdasarkan tiga prinsip. Pertama yaitu ‘Reduce’, dengan mengurangi konsumsi daur ulang secara ekstensif dan mengurangi emisi CO2 hingga 50 persen. Kedua adalah ‘Reinvent’, dengan mendukung teknologi hijau terbaru serta mengembangkan metode tur baru yang berkelanjutan dan rendah karbon. Terakhir yaitu ‘Restore’, dengan membuat tur yang bermanfaat secara lingkungan. 

Dalam mengurangi emisi atau jejak karbon hingga lebih dari 50 persen, Coldplay menggunakan logistik yang sama sepanjang tur. Sementara untuk menciptakan konser yang ramah lingkungan dalam aspek tenaga listrik, Coldplay menghadirkan inovasi pada lokasi-lokasi konser “Music of the Spheres”. Berupa sepeda yang bisa penonton kayuh dan lantai kinetik yang menghasilkan energi listrik melalui pergerakan penonton selama di venue.

Lalu, bagaimana dengan konsernya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 15 November mendatang? Apakah Coldplay akan menggunakan konsep ramah lingkungan dan berkelanjutan yang sama di Indonesia, atau ada inisiatif baru? Well, just wait and see!

Buat kamu yang juga ingin menerapkan konsep ramah lingkungan saat menonton konser Coldplay di Jakarta, bisa memilih untuk bersepeda. Selain lebih menyehatkan, bersepeda ke venue konser juga bebas dari emisi karbon. Sehingga dapat mengurangi polusi udara atau gas yang menyebabkan efek rumah kaca.

Salah satu jenis sepeda yang bisa menjadi pilihan utama adalah sepeda lipat. Karena memiliki bentuk yang ringkas dan praktis. Dapat kamu kamu lipat hingga menjadi ukuran mini dan kamu bawa kemana-mana, bahkan ke dalam transportasi umum. Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika jarak rumah atau penginapanmu dengan venue konser cukup jauh. Cukup lipat sepeda lalu gunakan transportasi umum dan berhentilah di tempat yang cukup jauh dari venue. Agar kamu dapat mengayuhnya dan merasakan manfaat sehat dari bersepeda. Seperti meningkatkan kekuatan otot dan stamina sekaligus menjaga udara tetap bersih. 

Sepeda Lipat – Sepeda Dahon Ion Denver 20 Inci Velg Carbon

Mengenal Konsep Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan beserta Penerapannya pada Berbagai Event. Termasuk Konser Coldplay dan Java Jazz Festival 1-3
Sepeda Lipat - Sepeda Dahon Ion Denver 20 Inci Velg Carbon

Rp6.999.990

Buy from here
Pins
  1. Sepeda Lipat - Sepeda Dahon Ion Denver 20 Inci Velg Carbon

Untuk melindungi tubuh dari terpaan angin saat bersepeda sekaligus berkontribusi dalam penerapan konsep ramah lingkungan, kamu dapat mengenakan windbreaker jacket. Atau jaket penahan angin yang terbuat dari bahan daur ulang. Salah satunya yaitu adidas ORIGINALS RIFTA Reclaim Windbreaker HK2774 dengan konten daur ulang dari hasil limbah produksi.

Jaket yang ringan dan terasa halus di bagian luar ini terbuat dari seratus persen tenunan polos nilon daur ulang. Sementara lapisan jaring bagian dalam yang terasa lembut di kulit terbuat dari seratus persen jaring poliester daur ulang. Selain itu, adidas ORIGINALS RIFTA Reclaim Windbreaker HK2774 juga memiliki desain yang ramping dan stylish. Seperti kantong kargo besar pada sisi kiri dan kanannya serta ritsleting penuh dengan tudung bungee-adjustable.

adidas ORIGINALS RIFTA Reclaim Windbreaker HK2774

Mengenal Konsep Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan beserta Penerapannya pada Berbagai Event. Termasuk Konser Coldplay dan Java Jazz Festival 2-3
adidas ORIGINALS RIFTA Reclaim Windbreaker HK2774

Rp2.000.000

Buy from here
Pins
  1. adidas ORIGINALS RIFTA Reclaim Windbreaker HK2774

2. Cannes Film Festival yang Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Mengenal Konsep Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan beserta Penerapannya pada Berbagai Event. Termasuk Konser Coldplay dan Java Jazz Festival unnamed-2-300x200
Source: Pinterest

Selain Academy Awards di Amerika Serikat, ada ajang penghargaan yang tidak kalah bergengsi bagi insan perfilman dunia di wilayah Eropa. Yakni Cannes Film Festival di Perancis. Festival film yang kini telah berlangsung sebanyak 76 kali itu memiliki piala bernama Palme D’Or.

Dalam penerapan konsep ramah lingkungan dan berkelanjutan, sejak tahun 2014, piala bergambar palem emas itu telah mengantongi sertifikat ‘fairmained’. Untuk menandakan bahwa piala yang terbuat dari rumah perhiasan Chopard itu telah memenuhi etika penambangan emas yang bertanggung jawab. Serta merawat lingkungan penambangan tetap baik dan terjaga.

Untuk mewujudkan konsep sustainable luxury tersebut, Chopard bekerjasama dengan Eco Age Non Profit Organization. Serta Non Government Organization Alliance for Responsible Mining.

Selain emas, berbagai produsen tempat perhiasan juga turut memproduksi produk dengan konsep ramah lingkungan. Salah satunya Aneka Tusma, produsen dan eksportir barang rumah tangga dari tekstil dan kerajinan tangan yang berdiri sejak 1989. Dengan membuat kotak perhiasan Curated Home Navy Pinst dari Kayu MDF bersertifikasi TSCA Title VI. MDF terbuat dari limbah kayu alami dalam produksi furnitur, sehingga mengurangi penggunaan kayu solid. 

Desainnya pun menawan, terbuat dari bahan tenun tangan mendong dari para pengrajin Indonesia yang terampil. Serta lining bahan suede di dalamnya untuk menambah kesan eksklusif. Unik, kokoh, elegan dan juga ramah lingkungan.

Decorative Box | Kotak Aksesoris & Perhiasan | Curated Home Navy Pinst

Mengenal Konsep Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan beserta Penerapannya pada Berbagai Event. Termasuk Konser Coldplay dan Java Jazz Festival 3-3
Decorative Box | Kotak Aksesoris & Perhiasan | Curated Home Navy Pinst

Rp229.000

Buy from here
Pins
  1. Decorative Box | Kotak Aksesoris & Perhiasan | Curated Home Navy Pinst

3. Bisnis Fashion Angelina Jolie yang Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Mengenal Konsep Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan beserta Penerapannya pada Berbagai Event. Termasuk Konser Coldplay dan Java Jazz Festival unnamed-2-300x200
Source: Pinterest

Di balik keglamorannya, industri fashion ternyata memiliki peran yang cukup besar dalam mendorong terjadinya pemanasan global. Sekitar sepuluh persen emisi karbon yang memengaruhi krisis iklim berasal dari industri fashion. Hal itu terungkap dalam UN Conference of Trade and Development (UNCTD) 2019. 

Menurut laporan, lebih dari 100 juta ton limbah tekstil berakhir di tempat pembuangan sampah setiap tahunnya. Selain plastik, limbah dari industri fashion juga memiliki pengaruh buruk terhadap lingkungan. 

Untuk mengurangi masalah tersebut, Angelina Jolie merilis lini usaha fashion terbarunya, bernama Atelier Jolie. Dengan menerapkan model bisnis yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Seperti menggunakan material dead stock berupa kain-kain dari sisa produksi, produk rusak dan produk-produk yang tidak laku terjual. 

Selain itu, bintang Hollywood yang merupakan anggota Komisi Tinggi PBB untuk pengungsi itu juga melibatkan misi kemanusiaan melalui Atelier Jolie. Yaitu dengan memberdayakan para pengungsi dan kelompok terpinggirkan lainnya untuk terlibat dalam proses pembuatan pakaian.

Buat kamu yang terinspirasi Angelina Jolie untuk memanfaatkan bahan lama menjadi pakaian baru, rekomendasi mesin jahit portable ini bisa membantumu. Pilihan pertama yaitu Mesin Jahit SINGER Color Series 3223R. Mesin jahit dari produsen ternama asal Amerika Serikat ini memiliki segala fitur dasar untuk penjahit pemula hingga yang sudah mahir. Seperti 23 variasi pola jahitan, 4 langkah pelubang kancing, tuas jahitan mundur, Lampu LED dan lain-lain. Desain dan warnanya pun menawan, cocok dengan interior rumah bernuansa modern minimalis. 

Mesin Jahit SINGER Color Series 3223R

Mengenal Konsep Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan beserta Penerapannya pada Berbagai Event. Termasuk Konser Coldplay dan Java Jazz Festival 4-3
Mesin Jahit SINGER Color Series 3223R

Rp2.850.000

Buy from here
Pins
  1. Mesin Jahit SINGER Color Series 3223R

Pilihan lainnya yaitu Mesin Jahit Brother Portable AS 2730S dengan pola jahitan yang lebih banyak, yakni 27 variasi. Serta threader jarum dan jahit lubang kancing otomatis. Mesin jahit tangguh asal Jepang yang kini terkenal sebagai produsen printer itu juga memiliki desain yang manis. Dengan body warna putih dan hiasan pola bunga bernuansa pink.

Mesin Jahit Brother Portable AS 2730S

Mengenal Konsep Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan beserta Penerapannya pada Berbagai Event. Termasuk Konser Coldplay dan Java Jazz Festival 5-3
Mesin Jahit Brother Portable AS 2730S

Rp3.525.000

Buy from here
Pins
  1. Mesin Jahit Brother Portable AS 2730S

4. Bali Spirit Festival yang Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Mengenal Konsep Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan beserta Penerapannya pada Berbagai Event. Termasuk Konser Coldplay dan Java Jazz Festival unnamed-3-300x132
Source: Pinterest

Setelah mengalami penundaan selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, gelaran Bali Spirit Festival yang ke-14 kalinya berlangsung sukses. Selama empat hari, yakni 4-7 Mei 2023 di The Yoga Barn, Padangtegal, Ubud, Bali. 

Festival yang mengusung empat core, yakni yoga, dance, music dan healing ini juga memiliki program zero waste. Ramah lingkungan dan berkelanjutan. Seperti pemilahan sampah dan penanaman bambu. Serta makanan sehat dan produk-produk dari alam, seperti aromaterapi dan obat herbal.

Buat kamu yang menekuni yoga, ada cara lain yang bisa kamu lakukan dalam menerapkan konsep ramah lingkungan dan berkelanjutan. Yaitu mengenakan pakaian yoga dari bahan katun daur ulang dan organik yang ramah lingkungan. 

Katun daur ulang berasal dari limbah tekstil yang bercampur dengan serat murni dalam proses pembuatannya. Sementara katun organik terbuat dari kapas yang penanamannya tidak menggunakan zat kimia. Sehingga membantu mengurangi dampak pada lingkungan, melestarikan keanekaragaman hayati dan kesuburan tanah, serta mengurangi risiko mencemari permukaan air tanah. 

Bahan katun daur ulang dan organik yang nyaman, lentur dan bebas bergerak dapat kamu temukan pada produk olahraga dari Decathlon. Seperti Decathlon KIMJALY T-shirt Yoga Ringan Ramah Lingkungan Wanita, berwarna Lavender Print. Serta Decathlon KIMJALY Celana Crop Yoga Ringan Ramah Lingkungan Wanita, berwarna abu-abu. 

Mengenal Konsep Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan beserta Penerapannya pada Berbagai Event. Termasuk Konser Coldplay dan Java Jazz Festival 6-2
Decathlon KIMJALY T-shirt Yoga Ringan Ramah Lingkungan Wanita - Lavender Print

Rp242.000

Buy from here
Decathlon KIMJALY Celana Crop Yoga Ringan Ramah Lingkungan Wanita - Abu

Rp330.000

Buy from here
Pins
  1. Decathlon KIMJALY T-shirt Yoga Ringan Ramah Lingkungan Wanita - Lavender Print
  2. Decathlon KIMJALY Celana Crop Yoga Ringan Ramah Lingkungan Wanita - Abu

Selain katun daur ulang dan organik, bahan poliester daur ulang juga bisa menjadi pakaian olahraga yang nyaman sekaligus ramah lingkungan. Poliester daur ulang terbuat dari serat sintetis yang memanfaatkan botol plastik PET (polyethylene therephthalate) bekas. Bahannya lembut, tidak mudah kusut, kuat dan tahan lama. 

Kamu dapat menemukan pakaian dari bahan poliester daur ulang dengan performa tinggi yang sejuk dan nyaman untuk berolahraga di UNIQLO. Seperti UNIQLO T-Shirt DRY-EX Kerah Bulat Lengan Pendek (Mapping) dan UNIQLO Celana Pendek DRY-EX Ultra Stretch.

Mengenal Konsep Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan beserta Penerapannya pada Berbagai Event. Termasuk Konser Coldplay dan Java Jazz Festival 7-1
UNIQLO T-Shirt DRY-EX Kerah Bulat Lengan Pendek (Mapping)

Rp99.000

Buy from here
UNIQLO Celana Pendek DRY-EX Ultra Stretch

Rp299.000

Buy from here
Pins
  1. UNIQLO T-Shirt DRY-EX Kerah Bulat Lengan Pendek (Mapping)
  2. UNIQLO Celana Pendek DRY-EX Ultra Stretch

5. Java Jazz Festival yang Peduli Lingkungan

Mengenal Konsep Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan beserta Penerapannya pada Berbagai Event. Termasuk Konser Coldplay dan Java Jazz Festival image-300x200
Source: Pinterest

Java Jazz Festival merupakan salah satu gelaran musik terbesar di Indonesia yang konsisten menerapkan tema peduli lingkungan setiap tahunnya. Tak terkecuali tahun ini. Java Jazz Festival 2023 yang akan berlangsung pada 2-4 Juni 2023 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, kembali mengusung Less Waste More Jazz.

Konsep Less Waste More Jazz menekankan ketersediaan tempat sampah yang terpisah sesuai dengan jenis sampahnya, seperti sampah anorganik (plastik, botol), sampah organik (sisa makanan) dan residu. 

Hadirnya belasan panggung, ratusan musisi dan ribuan penonton selama tiga hari dapat meningkatkan volume sampah. Oleh sebab itu, penyelenggara Java Jazz Festival menyediakan tempat sampah terpilah di banyak titik lokasi. So, buat kamu yang nonton Java Jazz Festival tahun ini, jangan lupa untuk memilah sampah terlebih dulu ya. Lalu buanglah di tempat sampah yang sesuai dengan jenisnya, organik atau anorganik. 

Agar kamu terbiasa membuang sampah sesuai dengan jenisnya, pakailah tempat sampah terpisah untuk sampah organik dan anorganik di dalam rumah. Selain memudahkan pengelolaan sampah selanjutnya, pemilahan sampah organik dan anorganik dapat mengurangi pencemaran udara, akibat penumpukan sampah yang masih tercampur. Berikut rekomendasi produknya.

Mengenal Konsep Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan beserta Penerapannya pada Berbagai Event. Termasuk Konser Coldplay dan Java Jazz Festival 8-1
Krisbow 20 Ltr Tempat Sampah 2 in 1 - Hijau/Kuning

Rp291.600

Buy from here
Oxihome Tempat Sampah Organik Anorganik Pilah Double Plastik Trash Bin

Rp99.900

Buy from here
Pins
  1. Krisbow 20 Ltr Tempat Sampah 2 in 1 - Hijau/Kuning
  2. Oxihome Tempat Sampah Organik Anorganik Pilah Double Plastik Trash Bin

Itulah beberapa konsep ramah lingkungan dan berkelanjutan beserta penerapannya pada berbagai event. Seperti konser Coldplay, Festival Film Cannes, Atelier Jolie, Bali Spirit Festival dan Java Jazz Festival. Semoga dapat menginspirasimu ya!

Written by Citra Lestari

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0
Suga BTS (Agust D)

Choose Your Look Suga BTS (Agust D)

Camping

Mau Liburan Lebih Seru dan Bermanfaat? Yuk Camping. Cek Daftar Perlengkapannya Di Sini