in

Punya Vibes Mahal, 7 Brand Fashion Lokal Asli Indonesia Ini Sering DIkira Brand Luar Negeri, Lho!

Fashion Lokal

Indonesia, sebagai negara yang kaya akan budaya dan kreativitas, telah melahirkan berbagai brand lokal yang mampu bersaing dengan produk internasional. Sayangnya, banyak orang yang mengira beberapa brand fashion lokal ini sebagai produk dari luar negeri. Hal ini terjadi karena beberapa brand ini memiliki desain yang trendi, kualitas yang mumpuni, hingga menghadirkan berbagai inovasi yang baru, fresh, dan unik. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa brand fashion lokal Indonesia yang telah mencuri perhatian dan banyak yang mengiranya sebagai brand luar negeri.

Brand Fashion Lokal yang Sering Dikira Brand Luar Negeri

Penasaran dengan apa saja brand fashion lokal yang sering dikira brand luar negeri? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

Buccheri

Punya Vibes Mahal, 7 Brand Fashion Lokal Asli Indonesia Ini Sering DIkira Brand Luar Negeri, Lho! unnamed-6-1-300x200

Saat mendengar kata Buccheri, pasti kamu tidak akan menyangka bahwa brand satu ini adalah salah satu merk lokal, lho! Offline store-nya banyak berdiri di berbagai mall besar dengan look yang mewah, tidak heran kalau banyak yang salah menyangka Buccheri bukanlah brand lokal.

Nyatanya, Buccheri adalah sebuah merek sepatu asal Indonesia yang terkenal berkat kualitas produknya yang berkualitas dan memiliki gaya serta desain yang trendi. Buccheri telah hadir di pasar sejak tahun 1983 dan telah menjadi salah satu merek sepatu lokal terkemuka di Indonesia.

Beberapa karakteristik yang sangat identik dengan Buccheri melibatkan desain yang modis, bahan berkualitas tinggi, dan kenyamanan penggunaan. Buccheri sering kali menyediakan berbagai jenis sepatu untuk pria dan wanita, mulai dari sepatu formal hingga sepatu kasual. Tak hanya sepatu, Buccheri juga memiliki koleksi tas dengan desain mewah, tak kalah dari produk high end yang harganya mahal, lho! Tertarik untuk mencoba koleksi produk Buccheri?

Punya Vibes Mahal, 7 Brand Fashion Lokal Asli Indonesia Ini Sering DIkira Brand Luar Negeri, Lho! 1-8
Bucheri Aresya Black Loafers

Rp849.000

Buy from here
Pins
  1. Bucheri Aresya Black Loafers

Tomkins

Punya Vibes Mahal, 7 Brand Fashion Lokal Asli Indonesia Ini Sering DIkira Brand Luar Negeri, Lho! unnamed-4-300x158

Salah satu brand sepatu lokal, Tomkins, juga sering dikira sebagai brand dari luar negeri. Padahal Tomkins adalah merek sepatu dan produk aksesoris asal Indonesia. Merek ini sangat terkenal sebagai salah satu brand lokal yang mendapatkan popularitas tinggi di Indonesia. Tomkins hadir dengan berbagai koleksi sepatu casual, formal, dan olahraga, serta berbagai produk aksesoris seperti tas, dompet, dan ikat pinggang.

Salah satu keunggulan Tomkins adalah desain yang trendy dan inovatif, serta harga yang relatif terjangkau. Kebanyakan produk Tomkins biasanya menargetkan berbagai kalangan, dari anak muda hingga dewasa, dengan berbagai gaya dan kebutuhan.

Punya Vibes Mahal, 7 Brand Fashion Lokal Asli Indonesia Ini Sering DIkira Brand Luar Negeri, Lho! 2-8
TOMKINS Sepatu Artemis

Rp269.000

Buy from here
Pins
  1. TOMKINS Sepatu Artemis

Cotton Ink

Punya Vibes Mahal, 7 Brand Fashion Lokal Asli Indonesia Ini Sering DIkira Brand Luar Negeri, Lho! unnamed-7-1-300x178

Salah satu brand fashion yang sukses mencuri perhatian masyarakat adalah Cotton Ink. Brand fashion lokal satu ini pertama kali berdiri pada tahun 2008. Hingga saat ini, Cotton Ink masih populer dengan desain yang modern dan inovatif. Produknya yang kebanyakan berkualitas tinggi sering kali membuat konsumen mengira bahwa brand ini berasal dari luar negeri. Cotton Ink telah membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam industri fashion.

Cotton Ink hadir dengan konsep gaya kasual & chic serta memiliki berbagai motif unik dan eye catching. Brand ini juga menggunakan berbagai bahan yang cocok untuk cuaca di Indonesia seperti katun, sehingga koleksi pakaian dari Cotton Ink sangat nyaman untuk pakaian sehari-hari.

Punya Vibes Mahal, 7 Brand Fashion Lokal Asli Indonesia Ini Sering DIkira Brand Luar Negeri, Lho! 3-8
Cotton Ink Kemeja Navy

Rp349.000

Buy from here
Pins
  1. Cotton Ink Kemeja Navy

Lea Jeans

Punya Vibes Mahal, 7 Brand Fashion Lokal Asli Indonesia Ini Sering DIkira Brand Luar Negeri, Lho! unnamed-5-300x177

Banyak yang mengira Lea Jeans adalah brand luar negeri. Nyatanya, Lea Jeans merupakan salah satu brand fashion lokal asli Indonesia, lho! Lea Jeans adalah merk pakaian denim yang berasal dari Tangerang. Berawal dari Indonesia, Lea Jeans berhasil menjadi salah satu merk jeans paling terkemuka di dunia.

Banyak yang mengira brand ini sebagai produk luar negeri karena logonya yang mirip dengan bendera Amerika Serikat. Padahal logo ini merupakan salah satu bentuk identitas dari Lea Jeans, karena brand ini sering mengeluarkan koleksi pakaian dan aksesoris dengan desain dan gaya ala Amerika Latin. Gimana, bangga banget, kan, sama brand lokal satu ini?

Punya Vibes Mahal, 7 Brand Fashion Lokal Asli Indonesia Ini Sering DIkira Brand Luar Negeri, Lho! 4-8
LEA Reguler Fit 606

Rp349.920

Buy from here
Pins
  1. LEA Reguler Fit 606

Wakai

Punya Vibes Mahal, 7 Brand Fashion Lokal Asli Indonesia Ini Sering DIkira Brand Luar Negeri, Lho! unnamed-6-300x200

Banyak yang mengira Wakai merupakan produk Jepang, padahal brand ini asli Indonesia, lho! Nama “Wakai” memang berasal dari kata Jepang yang berarti “berjalan”. Brand ini berdiri sejak tahun 2012 dan masih eksis hingga sekarang. Wakai sangat terkenal berkat desain sepatu yang nyaman dan gaya yang khas, seringkali mengusung desain kasual dengan sentuhan budaya Jepang.

Salah satu ciri khas dari sepatu Wakai adalah sol sepatu yang terbuat dari karet alami, yang memberikan kesan yang ringan dan nyaman bagi para pemakainya. Selain itu, Wakai juga terkenal dengan pemilihan material berkualitas tinggi dan desain yang inovatif. Wakai tidak hanya fokus pada produk sepatu saja, tetapi juga melibatkan diri dalam berbagai kegiatan sosial melalui kampanye “Walk for Wakai”. Konsep ini mengajak konsumennya untuk turut serta dalam aksi sosial, seperti mendukung pendidikan anak-anak di Indonesia.

Punya Vibes Mahal, 7 Brand Fashion Lokal Asli Indonesia Ini Sering DIkira Brand Luar Negeri, Lho! 5-8
DISNEY Wakai Core Gray

Rp249.950

Buy from here
Pins
  1. DISNEY Wakai Core Gray

The Executive

Punya Vibes Mahal, 7 Brand Fashion Lokal Asli Indonesia Ini Sering DIkira Brand Luar Negeri, Lho! unnamed-7-300x200

Jika kamu sering mengira The Executive adalah produk luar negeri, maka kamu salah besar! The Executive adalah salah satu brand dari Delamibrands group yang memang bergerak di bidang fashion untuk pria dan wanita. The Executive sudah berdiri dari tahun 1984 dan kini memiliki 60 toko, lho!

Koleksi produk The Executive meliputi pakaian wanita seperti rok, celana panjang, blazer, hingga dress. Sedangkan untuk pria, ada berbagai pakaian, seperti baju rajutan, celana panjang, blazer dan lain-lain. The Executive tersedia di berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bekasi, Depok, Bali, Surabaya, dan masih banyak lagi.

Punya Vibes Mahal, 7 Brand Fashion Lokal Asli Indonesia Ini Sering DIkira Brand Luar Negeri, Lho! 6-5
Executive Slim Fit White Shirt

Rp199.900

Buy from here
Pins
  1. Executive Slim Fit White Shirt

Minimal

Punya Vibes Mahal, 7 Brand Fashion Lokal Asli Indonesia Ini Sering DIkira Brand Luar Negeri, Lho! unnamed-8-300x225

Minimal merupakan brand pakaian lokal yang mendapat banyak pujian karena desainnya yang stylish dan kualitas material yang baik. Desain koleksi pakaian dari brand lokal satu ini memiliki nuansa yang simpel namun elegan. Hal ini yang seringkali membuat konsumen mengasumsikan bahwa Minimal berasal dari luar negeri. Perusahaan ini menunjukkan bahwa Indonesia mampu menciptakan produk fashion yang dapat bersaing di pasar global.

Tak hanya itu, Brand fashion lokal yang keren abis ini juga sering berkolaborasi dengan berbagai tokoh populer. Seperti saat ini, Minimal berkolaborasi dengan Sandra Dewi dan mengeluarkan koleksi bernuansa merah dan hitam yang kental dengan suasana Chinese. Tertarik mencoba?

Punya Vibes Mahal, 7 Brand Fashion Lokal Asli Indonesia Ini Sering DIkira Brand Luar Negeri, Lho! 7-5
Minimal Ivani Stripe Shirt

Rp174.970

Buy from here
Pins
  1. Minimal Ivani Stripe Shirt

Kenapa Banyak yang Mengira Brand Fashion Lokal Sebagai Brand Luar Negeri?

Punya Vibes Mahal, 7 Brand Fashion Lokal Asli Indonesia Ini Sering DIkira Brand Luar Negeri, Lho! unnamed-3-300x200

Tentu ada alasan mengapa beberapa brand fashion lokal yang kita sebutkan sering dikira sebagai brand dari luar negeri, yaitu sebagai berikut:

  1. Keberagaman Desain

Sebagian besar brand fashion lokal yang sering dikira brand luar negeri rata-rata memiliki desain yang unik dan out of the box. Berkat hal ini, brand fashion lokal ini berhasil menciptakan karya seni fesyen yang tidak kalah menarik dari brand internasional.

  1. Kualitas Material dan Produksi

Beberapa brand lokal telah fokus pada peningkatan kualitas material dan proses produksi mereka. Selain itu, berbagai brand lokal ini memahami bahwa untuk bersaing di pasar global, kualitas harus menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, beberapa brand lokal rasa internasional ini menawarkan produk yang sebanding dengan brand luar negeri dalam hal kualitas.

  1. Inovasi Tiap Produk

Brand fashion lokal juga aktif berpartisipasi dalam tren kekinian, salah satunya adalah ramah lingkungan. Mereka menciptakan inovasi dalam produksi yang lebih ramah lingkungan dan seringkali menggunakan bahan lokal untuk mendukung industri dalam negeri.

  1. Pencapaian Internasional

Banyak brand lokal telah meraih kesuksesan di pasar internasional, meskipun kadangkala banyak konsumen lokal yang kurang menyadari hal ini. Keberhasilan ini mencakup pengakuan di panggung fashion internasional, kolaborasi dengan desainer ternama, hingga kehadiran di berbagai toko fashion bergengsi di luar negeri.

Brand fashion lokal Indonesia telah berhasil menciptakan identitasnya sendiri dan bahkan mengatasi batasan yang mungkin muncul dalam persepsi global. Mereka membuktikan bahwa kreativitas dan kualitas produk Indonesia dapat bersaing dengan brand internasional. Stereotip bahwa produk lokal kurang berkualitas perlahan-lahan mulai terkikis.

Beberapa brand lokal menciptakan produk dengan kualitas dan desain yang setara dengan brand internasional, bahkan seringkali membingungkan konsumen mengenai asal-usulnya. Brand fashion lokal tidak hanya memiliki daya tarik estetika yang kuat, tetapi juga menawarkan nilai yang sebanding dengan brand internasional.

Penting bagi kita untuk mengakui dan mendukung talenta di dalam negeri agar industri fashion lokal terus berkembang dan mendapatkan perhatian yang seharusnya.. Dengan mengenalkan dan mendukung brand lokal, kita turut berperan dalam membangun citra positif terhadap fashion Indonesia di mata dunia.

Written by Firda

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0
Tas Merek Lokal

10 Rekomendasi Tas Merek Lokal Terbaik yang Tak Kalah dengan Kualitas Import

Musisi Pria Tanah Air

Deretan Musisi Pria Tanah Air Yang Manggung di Penghujung Tahun, Beserta Rekomendasi Outfitnya dari Brand Lokal Indonesia