in

Rekomendasi Jaket Bulu Angsa Dan Tips Memilihnya

jaket bulu angsa wanita
Source: Kaplumbox.com

Apakah kamu pernah mendengar tentang jaket bulu angsa? Ya, jaket yang satu ini biasanya kita lihat di negara-negara yang memiliki musim dingin seperti Amerika, Inggris, Korea, Jepang, dan lain sebagainya. Bahannya yang tebal terbuat dari bulu angsa, sehingga mampu untuk menghangatkan badan. Namun, jaket hangat atau down jacket ini sudah mulai marak lho di negara tropis, termasuk Indonesia. Model, warna, serta bahan pembuatannya sudah mulai beragam, entah itu berbahan ringan atapun tebal. Jika kamu baru mau mencoba fashion item yang satu ini, berikut ini tips ala Modusgaia.

Cara Memilih Jaket Bulu Angsa

Rekomendasi Jaket Bulu Angsa Dan Tips Memilihnya memilih_mybestid
Source: Mybestid

Karena bahan pembuatannya yang berasal dari bulu angsa, harga jaket ini biasanya cenderung mahal. Berbeda dari bahan lainnya, bulu angsa mampu menjadi penghangat terbaik saat musim dingin sekalipun. Walaupun terlihat tebal, jaket bulu angsa sebenarnya memiliki bobot yang ringan. Nah Modusers, ada beberapa hal penting dalam pemilihan jaket bulu angsa:

1. Tentukan Ukuran dengan Baju Double

Kebanyakan orang seringkali kebingungan dalam memilih ukuran jaket angsa. Jika terlalu besar, maka kamu akan terlihat tenggelam dan menyisakan ruang di antara jaket dan baju. Karena itu fungsinya tak akan maksimal, karena udara dingin dapat menyusup ke lubang jaket. Jika terlalu kecil, rasanya tak akan nyaman dan sulit bergerak. Oleh sebab itu, kamu perlu mengukurnya dengan memakai sweater di atas baju yang sedang kamu pakai. Jika bisa bergerak, maka itulah ukuran mu.

2. Cari Tahu Komposisi Bahan

Selanjutnya, Modusers perlu mengetahui apa saja bahan dalam jaket tersebut. Hal ini karena akan berpengaruh terhadap kehangatan yang kamu butuhkan saat memakai jaket. 

Buat Modusers yang membutuhkan jaket paling hangat untuk musim salju atau di cuaca dingin, pilihlah bahan yang lebih banyak down-nya atau biasa disebut dengan bulu dada angsa atau bebek dibandingkan dengan feather atau bulu sayapnya. Contohnya, pilih yang komposisi down-nya sebesar 70% dan feathernya 30%. 

Sebaliknya, jika ingin jaket yang tidak terlalu hangat, maka bahannya harus lebih banyak bulu sayapnya dibandingkan dengan down-nya sehingga tidak terlalu hangat.

3. Cari Tahu Fill Power-nya

Selain bahan pembuatannya menjadi nilai untuk menentukan kehangatan dari jaket angsa, ada faktor lain yang harus kamu perhatikan yaitu Fill Power. Fill Power merupakan ukuran untuk menginformasikan banyaknya udara hangat yang ada di dalam jaket. Nah, nilai Fill Power inilah berbanding lurus dengan kehangatan jaketnya. Jika Fill Power besar, maka semakin hangat jaket tersebut. Selain itu, semakin besar Fill Powernya, jaket akan semakin ringan. Contohnya, jika Modusers membeli jaket dengan Fill Power 700, maka itu sudah sangat cukup untuk membuatmu tetap hangat dan ringan saat kamu pakai.

4. Cek Karakteristik Outer Jaket

Hal yang tak kalah penting yaitu melihat luaran dari jaket tersebut. Outer juga berpengaruh terhadap ketahanan dingin, air, dan udara. Outer memiliki fungsi Windproof atau kemampuan menghalau angin atau udara. Oleh sebab itu, jika ingin jaket yang windproof-nya baik, pilihlah bahan nilon atau polyester. Bahan tersebut terbuat dari serat fiber sintesis yang memiliki daya windproof yang baik. 

Selain itu, bahan luar jaket ini akan lebih baik jika tahan air. Terutama jika kamu sering berada di outdoor. Ada berbagai jenis ketahanan air pada kain, yaitu Water Resistant, Water Repellent, dan Waterproof. Perbedaannya adalah dari segi ketahanan bahan tersebut terhadap air, ada yang paling rendah hingga paling kuat. Water Resistant termasuk kain dengan ketahanan anti air yang paling rendah. Kain ini hanya bisa melindungi dari rintik atau percikan air. Jika ingin yang lebih tahan lagi, kamu bisa menggunakan Water Repellent yang membuat air tidak masuk ke dalam celah kain sehingga ini cocok saat musim hujan. Dan yang terakhir, ketahanan tertinggi menolak air yaitu Waterproof. Bahan ini mampu untuk menolak air bahkan dalam jumlah besar contohnya ketika hujan deras.

Baca juga:Jadi Lebih Modis, Ini Dia Jenis-Jenis Outer Untuk Memaksimalkan Penampilanmu

5. Pertimbangkan Kemudahan Penyimpanan Jaket

Jaket bulu angsa terbilang berukuran cukup besar. Untuk itu, kamu perlu mempertimbangkan penyimpanan jaket agar tidak terlalu memenuhi ruang mu. Untuk jenis jaket bulu angsa, ada yang menjual beserta dengan tasnya atau stuff bag. Sehingga kamu dapat dengan mudah menyimpan dan melipat tanpa harus bingung ingin meletakkan dimana. Hal ini sangat praktis, apalagi jika kamu seorang traveller. Contohnya saat mendaki, kamu bisa memasukkan jaket ke tas dan sangat mudah kamu bawa kemana-mana.

6. Pilih Desain Simpel

Cobalah untuk memilih desain yang simpel agar mudah kamu padu padankan dengan outfit lainnya. Tetapi untuk warna, kamu bisa memilih warna sesuai selera mu. Sebaiknya, pilihlah warna yang mencolok terutama jika sedang berpetualang. Selain mudah terlihat olah orang, warna cerah juga membuat tampilan mu semakin fun dan stylish. Hindari memakai warna putih di saat musim salju dan hindari warna hitam saat malam hari, hal ini membuatmu tidak terlihat.

7. Cara Mencuci Jaket Bulu Angsa

Ada treatment khusus yang perlu kamu perlu lakukan, jangan gunakan mesin cuci agar tidak rusak. Begini caranya: 

  • Siapkan ember air dingin. 
  • Tuang deterjen cair dan aduk sampai berbusa. 
  • Masukkan jaket tersebut ke dalamnya. 
  • Gosok pelan bagian dalam dan luar jaket menggunakan tangan.
  • Untuk menghilangkan kotoran yang menempel, gunakan sikat gigi bekas untuk menggosoknya. 
  • Selanjutnya, bilas seperti biasa menggunakan air bersih. 
  • Jika sudah, jangan diperas. Langsung saja dijemur dan jangan terkena sinar matahari langsung.

Baca juga: PUMA Iconic T7 Track Jacket

Rekomendasi Jaket Bulu Angsa Terbaik Untukmu

1. Women Jacket Parka Seamless Down

Rekomendasi Jaket Bulu Angsa Dan Tips Memilihnya UNIQLO
Women Jacket Parka Seamless Down

Rp1.920.000,-

Buy from here
Pins
  1. Women Jacket Parka Seamless Down

Jaket bulu angsa yang satu ini khusus untuk wanita dari brand Uniqlo. Outernya terbuat dari 100% nylon dan bersifat waterproof. Cocok untuk mu yang ingin berpergian dengan jaket hangat saat musim dingin.

2. Trendy Down Parka Jacket With Contrast Hood Fur dari Universal Traveller

Rekomendasi Jaket Bulu Angsa Dan Tips Memilihnya Trendy-Down
Trendy Down Parka Jacket With Contrast Hood Fur - Universal Traveller

Rp3.490.000,-

Buy from here
Pins
  1. Trendy Down Parka Jacket With Contrast Hood Fur - Universal Traveller

Selanjutnya, jaket dengan bulu di sekitar penutup kepala dari Universal Traveller. Desainnya sangat trendy dan nyaman. Terbuat dari 90% extra cosy down dan 10% feather.

3. Women’s Stretch Down Parka

Rekomendasi Jaket Bulu Angsa Dan Tips Memilihnya Stretch-Down-Parka
Women’s Stretch Down Parka

Rp900.000,-

Buy from here
Pins
  1. Women’s Stretch Down Parka

Selanjutnya, ada jaket bulu angsa yang memiliki fill power lebih dari 700. Karena itu tubuh mu akan hangat jika menggunakannya. Panjang jaket ini juga dapat menutupi tubuh sampai ke bawah pinggul.

4. Quechua Trek 100 Down Jacket

Rekomendasi Jaket Bulu Angsa Dan Tips Memilihnya Quechua
Quechua Trek 100 Down Jacket

Rp1.093.900,-

Buy from here
Pins
  1. Quechua Trek 100 Down Jacket

Jaket ini tersedia untuk pria ataupun wanita. Cocok sebagai jaket gunung karena kehangatannya yang sangat baik. Mengandung 90% bulu halus dan 10% feather. Bahan dalamnya mengandung 100% polyester sedangkan untuk outernya 100% terbuat dari polyamide.

Itulah rekomendasi serta cara memilih dan perawatan dari jaket bulu angsa. Dengan mengetahui tips dan trick ala Modusgaia di atas, kamu bisa memilih jaket sesuai dengan kebutuhan mu. Semoga bermanfaat ya Modusers!

Written by Nathan Filan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

    Choose Your Look Gaho, Penyanyi Asal Korea Selatan

    travel

    Sudah Siap Travelling Lagi? Berikut 10 Rekomendasi Perlengkapan Liburan yang Praktis