in

Tak Hanya Untuk Ballerina, Yuk Kenali Perbedaan Ballet Shoes dengan Ballet Flats, Dari Jenis Hingga Rekomendasi Produknya

Ballet Shoes

Ballerina, atau penari balet perempuan, membutuhkan sepatu khusus untuk menunjang penampilannya, baik saat latihan maupun untuk perform di atas panggung. Apakah kamu tahu apa nama sepatunya? Ballet shoes atau ballet flat?

Meski menyandang nama ‘Ballet’, namun kedua sepatu tersebut tidaklah sama. Yuk kenali perbedaan ballet shoes dengan ballet flat. Dari awal kemunculannya, jenis, bahan, penggunaan hingga rekomendasi produknya. 

Ballet Shoes

Tak Hanya Untuk Ballerina, Yuk Kenali Perbedaan Ballet Shoes dengan Ballet Flats, Dari Jenis Hingga Rekomendasi Produknya unnamed-10-2-300x169
Source: Twitter

Ballet shoes atau sepatu balet, merupakan alas kaki ringan yang terancang khusus untuk menari balet. Bentuknya unik dan fleksibel, mengikuti bentuk kaki penari, serta bersol tipis dan datar, untuk menunjang performa dan kenyamanan. Terutama selepas  pertengahan abad ke-18. Pasalnya, penari balet wanita di Perancis pada 1861 awalnya mengenakan sepatu dansa bertumit.

Marie Camargo dari Paris Opera Ballet merupakan penari Perancis pertama yang mengenakan sepatu dansa tanpa hak pada pertengahan abad ke-18. Namun, jalan bagi balerina untuk mulai memakainya baru terbuka setelah berakhirnya revolusi perancis, yang berlangsung pada 1789-1799.

Lebih dari dua dekade kemudian, seorang penari Italia bernama Amalia Brugnoli memperkenalkan pointework ke dunia balet. Selama pertunjukan La Fee et le Chevalier pada 1823. Setelah itu, banyak penari lain yang terinspirasi dan mulai mempraktekkan teknik tersebut. Pada 1832, Marie Taglioni menjadi balerina pertama yang menari en pointe di La Sylphide. Tidak hanya aksinya, sepatu yang Ia kenakan juga menarik perhatian. Kala itu, Ia mengenakan sepatu balet satin ketat dengan sol kulit dan pita yang terikat di pergelangan kaki untuk keamanan.

Alhasil, selama abad ke-19, pembuat sepatu Italia memperkuat sepatu pointe. Dengan membuat kotak kaku dari pasta tepung, koran, dan karton, serta menambahkan bahan kulit pada sol dalamnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, produsen sepatu pointe menggabungkan material modern untuk menyempurnakan desainnya. 

Jenis-jenis Ballet Shoe

Tak Hanya Untuk Ballerina, Yuk Kenali Perbedaan Ballet Shoes dengan Ballet Flats, Dari Jenis Hingga Rekomendasi Produknya unnamed-11-2-300x200
Source: Twitter

Selain sepatu pointe yang terkenal, ballet shoe juga hadir dalam berbagai jenis yang sesuai dengan tingkat pelatihan. Serta pengalaman setiap penari.

  1. Sepatu Balet Sol Penuh (Full-Sole Ballet Shoe)

Sepatu balet sol penuh merupakan pilihan sempurna bagi penari baru, terutama dalam kategori usia anak-anak. Karena dapat membantu membangun kekuatan pada punggung kaki penari. Serta memberi keseimbangan dan stabilitas yang sesuai. Dengan sol kulit penuh yang membentang di sepanjang alas sepatu balet. 

Sepatu balet yang umum kita jumpai pada bagian awal latihan menari ini mampu memberikan dukungan yang tepat. Untuk lengkungan, sekaligus mendorong kaki dan otot penari bekerja. Serta membantu menjaga memori otot sebagai persiapan untuk latihan lanjutan.

Tak Hanya Untuk Ballerina, Yuk Kenali Perbedaan Ballet Shoes dengan Ballet Flats, Dari Jenis Hingga Rekomendasi Produknya 1-26
Bloch Dansoft Leather Full sole Ballet Shoes

Rp350.000

Buy from here
Ting Canvas Full Sole Ballet Shoes

Rp100.000

Buy from here
Pins
  1. Bloch Dansoft Leather Full sole Ballet Shoes
  2. Ting Canvas Full Sole Ballet Shoes
  1. Sepatu Balet Sol Terpisah (Split-Sole Ballet Shoes)

Penari di tingkat menengah dan lanjutan, yang telah menyelesaikan beberapa tahun pelatihan balet, biasanya menggunakan sepatu balet sol terpisah. 

Sesuai namanya, sepatu balet ini memiliki bantalan tumit dan jari kaki yang terpisah. Desain ini membuat sepatu lebih fleksibel sehingga menghilangkan risiko cedera. Para penari pun akan lebih mudah melenturkan, menekankan lengkungan dan mengarahkan kaki mereka. Sehingga gerak kaki, putaran dan berbagai teknik lainnya dapat mereka lakukan dengan lebih percaya diri.

Tak Hanya Untuk Ballerina, Yuk Kenali Perbedaan Ballet Shoes dengan Ballet Flats, Dari Jenis Hingga Rekomendasi Produknya 2-26
Bloch Hybrid Leather Split Sole Ballet Shoes

Rp420.000

Buy from here
Ting split sole canvas ballet slippers

Rp110.000

Buy from here
Pins
  1. Bloch Hybrid Leather Split Sole Ballet Shoes
  2. Ting split sole canvas ballet slippers
  1. Sepatu Balet Demi-Pointe

Setelah menyelesaikan beberapa tahun pelatihan balet dan memiliki pengalaman yang memadai, para penari dapat mengenakan demi-pointe ballet shoes

Demi-Pointe ballet shoes merupakan sepatu transisi ke en pointe untuk memperkuat otot para penari, dengan sol luar berbahan kulit. Desain ini memberikan resistensi yang lebih besar sehingga membuat kaki penari bekerja lebih keras. Sekaligus membantu membangun otot yang tepat. 

Tak Hanya Untuk Ballerina, Yuk Kenali Perbedaan Ballet Shoes dengan Ballet Flats, Dari Jenis Hingga Rekomendasi Produknya 3-26
Demi Pointe Shoes

Rp1.150.000

Buy from here
DECATHLON STAREVER Leather Full Sole Demi Pointe Shoes

Rp308.000

Buy from here
Pins
  1. Demi Pointe Shoes
  2. DECATHLON STAREVER Leather Full Sole Demi Pointe Shoes
  1. Sepatu Balet Pointe

Pointe ballet shoes merupakan sepatu bagi balerina profesional dengan bagian ujung kakinya berbentuk kotak. Biasanya ‘kotak kaki’ itu terbuat dari karton atau kain berlapis tebal. Sehingga membuat sepatu ini lebih kokoh dan nyaman dalam menopang seluruh bobot tubuh. Serta memudahkan balerina menari dengan berjinjit dan melakukan semua koreografi en pointe.

Dengan sepatu pointe, para balerina profesional tampak lebih ringan dan melayang saat mereka tampil. 

Tak Hanya Untuk Ballerina, Yuk Kenali Perbedaan Ballet Shoes dengan Ballet Flats, Dari Jenis Hingga Rekomendasi Produknya 4-26
The Bloch European Balance Pointe Shoes

Rp1.300.000

Buy from here
Grishko Dream pointe

Rp1.500.000

Buy from here
Pins
  1. The Bloch European Balance Pointe Shoes
  2. Grishko Dream pointe

Sepatu balet umumnya terbuat dari kulit lembut, kanvas, atau satin. Ada yang sudah memiliki tali pita penyangga pergelangan kaki, ada pula yang tidak. Namun kedua sepatunya berbentuk sama, sehingga tidak ada penunjuk sisi kiri dan kanan. 

Ballet Flats 

Balet flats adalah sepatu wanita untuk pemakaian sehari-hari di luar ruangan yang mirip, atau terinspirasi dari sepatu balet wanita. Dengan menggunakan berbagai bahan dan sol karet yang sangat tipis atau terlihat tidak memiliki hak sama sekali.  Modelnya terkadang polos, namun ada juga yang memiliki pita kecil sebagai tambahan aksesoris. Atau variasi warna berbeda yang menarik perhatian. 

Ballet flats sangat populer bagi wanita dari segala usia. Karena dapat menjadi alas kaki alternatif yang lebih nyaman dari sepatu hak tinggi. Serta mudah untuk kamu padukan dengan outfit bergaya casual hingga formal. Terutama pada abad ke-19. Setelah desainer Amerika, Claire McCardell, menugaskan Salvatore Capezio, seorang shoemaker dari Italia untuk membuat sepatu balet rancangannya dengan sol karet. Sepatu balet modern pertama itu langsung menjadi hit dan ‘mejeng’ di pameran pakaian McCardell. Di Galeri Frank Perls di Beverly Hills pada April 1953.

Variasi sepatu balet menjadi sangat populer dan menjadi tren fesyen setelah para aktris Hollywood ternama mengenakannya pada 1940-1950an. Seperti Brigitte Bardot, Audrey Hepburn dan terus bertambah hingga saat ini.

Untuk menambah inspirasimu, berikut sejumlah selebritas Hollywood yang terlihat mengenakan ballet flat dalam berbagai kesempatan. Dengan model, warna dan gaya busana yang modis dan beragam. 

  1. Ballet Flat Beraksen Pita by Jennifer Lopez

Untuk memaksimalkan gaya feminin yang simple dan chic, kamu dapat memasangkan ballet flat dengan midi dress. Seperti yang Jennifer Lopez kenakan saat honeymoon dengan Ben Affleck di Paris pada 2022 lalu.

Penampilan aktris dan penyanyi kelahiran 24 Juli 1969 itu sangat menarik perhatian. Terutama saat datang ke cafe Le Flore en l’Île di Quai d’Orléans. Jennifer Lynn Affleck terlihat memadukan balloon midi dress berwarna biru dengan ballet flat cream beraksen pita yang manis. 

Buat kamu yang terinspirasi, Vionic Amorie Cream Flat Shoes bisa menjadi pilihan tepat. Model flat shoes klasik dengan tinggi heel 1 cm ini memiliki tepian elastis. Dengan upper berbahan kulit dan alas EVA lapis microfiber. Untuk memberikan kenyamanan ekstra. 

Tak Hanya Untuk Ballerina, Yuk Kenali Perbedaan Ballet Shoes dengan Ballet Flats, Dari Jenis Hingga Rekomendasi Produknya 5-26
Vionic Amorie Cream Flat Shoes Wanita

Rp2.519.100

Buy from here
Pins
  1. Vionic Amorie Cream Flat Shoes Wanita
  1. Square-toe Ballet Flat by Katie Holmes

Seperti halnya sepatu pointe, ballet flat yang berujung persegi juga tidak kalah populer. Katie Holmes pun mengenakannya saat akan tampil di acara TV “The Tonight Show with Jimmy Fallon” pada September 2022 lalu. 

Aktris kelahiran Ohio, 18 Desember 1978 itu memadukan square-toe ballet flat warna hitam bersama atasan slim fit t-shirt putih dan long knit cardigan, serta oversize jeans

Rubi Square Toe Ballet sangat cocok buat kamu yang ingin tampil bergaya  casual-chic ala Katie Holmes. Terbuat dari PU leather pada upper dan thermoplastic rubber pada outsole, Serta desain padded sock untuk kenyamanan ekstra. 

Tak Hanya Untuk Ballerina, Yuk Kenali Perbedaan Ballet Shoes dengan Ballet Flats, Dari Jenis Hingga Rekomendasi Produknya 6-23
Rubi Square Toe Ballet

Rp100.000

Buy from here
Pins
  1. Rubi Square Toe Ballet
  1. Round-Toe Ballet Flat by Angelina Jolie

Tidak hanya jalanan perkotaan, ballet flat juga dapat kamu andalkan untuk bepergian jauh. Seperti Angelina Jolie yang terlihat mengenakannya saat di bandara. Aktris kelahiran Los Angeles, 4 Juni 1975 itu memadukan round-toe ballet flat dengan outfit bergaya casual. Berupa v-neck t-shirt abu-abu berlengan panjang dan slim fit jeans hitam. 

Buat yang terinspirasi gaya casual Angelina Jolie, Vionic Caroll Black Shoes bisa menjadi andalanmu. Flat shoes ballerina klasik berbahan kulit dari merek sepatu asal Amerika Serikat ini berkualitas tinggi dan lentur. Desain biomekaniknya dapat menyangga lengkungan telapak kaki (arch) dan memberikan kenyamanan pada kakimu. 

Alas kakinya terbuat dari EVA berlapis microfiber dan sol bawahnya terbuat dari bahan karet yang tahan lama. Sehingga sangat nyaman untuk kamu gunakan di berbagai tempat. 

Tak Hanya Untuk Ballerina, Yuk Kenali Perbedaan Ballet Shoes dengan Ballet Flats, Dari Jenis Hingga Rekomendasi Produknya 7-19
Vionic Caroll Black Shoes Wanita

Rp2.519.100

Buy from here
Pins
  1. Vionic Caroll Black Shoes Wanita
  1. Two-tone Ballet Flat by Ashley Olsen

Selain warna-warna monokrom, ballet flat juga tersedia dalam dua warna. Biasanya warna yang berbeda terletak pada bagian ujung sepatu. Seperti yang Ashley Olsen kenakan saat bepergian. Aktris kelahiran California, 13 Juni 1986 itu memadukan two-tone ballet flat berwarna cream dan hitam dengan outfit berwarna senada. Yaitu blouse dan coat berwarna coklat dan trouser hitam.

ALDO Braylynn Women’s Flats memiliki dua warna, yaitu cream dan hitam yang menawan seperti Ashley Olsen. Serta berhias pita yang manis untuk memaksimalkan chic style dalam keseharian. 

Tak Hanya Untuk Ballerina, Yuk Kenali Perbedaan Ballet Shoes dengan Ballet Flats, Dari Jenis Hingga Rekomendasi Produknya 8-8
ALDO Braylynn Women's Flats Cream

Rp1.249.100

Buy from here
Pins
  1. ALDO Braylynn Women's Flats Cream
  1. Mary Jane Ballet Flat by Gigi Hadid

Jika ballet shoes memiliki karet yang melintang di punggung kaki, ballet flat berbentuk tali dengan buckle sebagai pengaitnya. Keduanya memiliki manfaat yang sama, yaitu menjaga atau menahan sepatu tidak mudah terlepas dari kaki kita.

Sepatu bersol datar dengan desain tali pengait yang melintang di punggung kaki ini juga merupakan ciri khas sepatu Mary Jane. Namun, ballet flat umumnya memiliki tumit yang sangat rendah, hingga tidak terlihat sama sekali. Seperti yang Gigi Hadid kenakan berikut ini. 

Super model yang terkenal stylish itu memadukan mary jane ballet flats berwarna putih dengan tight berwarna senada. Mirip seperti ballerina di lantai dansa. Lalu menambahkan blazer yang juga berwarna putih untuk memberikan look yang lebih chic

Buat yang terinspirasi dengan Gigi Hadid, Ariel Mary Jane Flats berwarna putih dengan list hitam bisa menunjang penampilanmu. 

Tak Hanya Untuk Ballerina, Yuk Kenali Perbedaan Ballet Shoes dengan Ballet Flats, Dari Jenis Hingga Rekomendasi Produknya 9-8
Blow BLNW 0101 Ariel Mary Jane Flats Shoes Wanita Sepatu Hitam Balet Women Shoes

Rp169.000

Buy from here
Pins
  1. Blow BLNW 0101 Ariel Mary Jane Flats Shoes Wanita Sepatu Hitam Balet Women Shoes

Itulah perbedaan ballet shoes dan ballet flat yang tidak hanya untuk ballerina, melainkan para wanita aktif yang modis. Kamu tertarik mengoleksinya? Yuk klik link produknya sekarang. Karena Modusgaia sedang memberikan penawaran khusus dalam program “Footwear Festival”.

Written by Citra Lestari

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0
Sepatu Motif

Intip Inspirasi Mix & Match Stylish Pakai Sepatu Motif yang Keren Abis

Knee Boots Stylish

Knee Boots Stylish untuk Gaya Fashion Kamu yang Unik dan Memikat