in

Uniknya Pakaian dan Tas Dengan Logo Khas Lokal Indonesia Yang Mendunia. Ada Mangkuk Ayam Jago dan Tepung Terigu

Logo Khas Lokal

Kita semua tahu bahwa wastra Indonesia, seperti batik, tenun dan songket telah mendunia. Keindahan motif-motif nusantara yang berpadu dengan modern style mampu menjadi primadona di dunia fashion internasional. Tapi bagaimana dengan pakaian bermotif karung tepung terigu atau beras? Apakah kamu tahu bahwa motif khas lokal yang sangat familiar di Indonesia itu sukses melenggang di runway fashion bergengsi. Hingga menarik perhatian para pecinta fashion, baik di dalam maupun luar negeri?

Yup! Berkat kreativitas tanpa batas dari para desainer lokal, logo-logo yang populer di dunia kuliner Indonesia itu kini telah menjelma. Menjadi fashion item yang unik, antimainstream dan mendunia. 

Tidak hanya itu, ada sejumlah pakaian dan tas bermotif unik khas lokal lainnya yang bisa membuatmu jadi pusat perhatian. Seperti mangkuk ayam jago, mi goreng instan dan peta Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Dengan keunikan motif tersebut, banyak yang akhirnya tertarik, lalu ikut mengenakannya. Termasuk selebritas Hollywood. Kamu mau juga? 

Berikut sejumlah pilihan pakaian dan tas bermotif khas lokal yang unik, beserta rekomendasi produknya. Pilih yang kamu suka, lalu klik link produk untuk mendapatkan penawaran spesial dalam program “Local Festive“.

  1. Pakaian Dengan Logo Khas Lokal Yang Unik dan Mendunia: Karung Tepung Terigu

Pada pagelaran New York Fashion Week 2019 lalu, sebuah karya dari perancang Indonesia, Maggie Hutauruk Eddy, berhasil mencuri perhatian. Wanita penuh talenta di balik butik 2madison Avenue itu ‘menyulap’ karung tepung terigu segitiga biru menjadi pakaian bergaya hip-hop elektrik. Di era 1980-an yang warna-warni dan edgy. Dengan cara menyematkan logo tepung terigu pada kaus putih polos berkerah V lalu memadukannya bersama jaket biru tua. Serta celana panjang longgar yang terdiri dari sejumlah bahan dengan warna berbeda. Untuk menambahkan kesan artsy, Maggie juga memadukannya dengan salah satu wastra Indonesia, yakni tenun Makassar. 

Tepung terigu segitiga biru merupakan produk yang sangat familiar di mata masyarakat Indonesia. Kita dapat menemukannya di mana-mana, dari warung dekat rumah hingga pasar tradisional dan modern. Dari gerobak penjual martabak hingga toko kue favoritmu. Namun, setelah terpakai, kemasannya menjadi barang rendah guna, hingga berakhir di tempat sampah. 

Dengan kreativitas tanpa batas, wanita yang sudah berkali-kali memamerkan karyanya di New York Fashion Week itu mengubahnya menjadi barang bernilai lebih. Maggie menciptakan koleksi busana dari bahan daur ulang (recycled) yang ramah lingkungan. 

Menyusul kesuksesan busana bermotif karung segitiga biru yang unik di kancah internasional, sejumlah desainer lokal pun turut menciptakannya. Dengan menggunakan teknik manual printing yang meresap di kain, tidak panas dan nyaman. Serta metode cetak direct transfer film yang tahan lama, tidak luntur dan bisa kamu setrika. Bahan kausnya pun cukup tebal, dari cotton combed 24s hingga 30s. 

Uniknya Pakaian dan Tas Dengan Logo Khas Lokal Indonesia Yang Mendunia. Ada Mangkuk Ayam Jago dan Tepung Terigu 1-18
Kaos Karung Tepung TERIGU

Rp79.000

Buy from here
Kaos lucu desain print karung tepung segitiga blue

Rp103.000

Buy from here
Pins
  1. Kaos Karung Tepung TERIGU
  2. Kaos lucu desain print karung tepung segitiga blue
  1. Pakaian Dengan Logo Khas Lokal Yang Unik dan Mendunia: Karung Beras

Selain tepung terigu, Maggie Hutauruk Eddy juga ‘menjahit’ karung bekas beras dalam koleksi busananya di New York Fashion Week 2019. Tepatnya pada bagian belakang salah satu outerwear, yakni jaket denim panjang. Karung beras putih Kepala Slyp Super berlogo Kereta Kencana itu cukup menarik perhatian karena berpadu dengan detail berkilauan. Serta rok pendek bermotif senada dan crop top berwarna pink neon yang feminin dan memancarkan keceriaan.

Di tanah air, karung beras juga menginspirasi salah satu desainer yang tergabung dalam Indonesian Fashion Chamber, Hannie Hananto. Dalam Fashion Parade bertajuk “Enam Tahun IFC” di Istora Senayan, pada 16 Desember 2021 lalu, Hannie menuangkan konsep anti-mainstream. Dengan memainkan motif printing floral yang unik dari karung beras Kepala Super SLYP bernuansa putih merah dalam sebuah jumpsuit. Serta outer berlengan sayap slit yang unik. 

Sementara itu, di platform marketplace ternama, kamu dapat menemukan kaus yang terinspirasi dari karung beras berlogo BULOG. Dengan menggunakan sablon yang meresap di kain dan tidak panas seperti memakai kaus polos. Serta menggunakan bahan cotton combed 24s hingga 30s yang nyaman. Selain putih, kamu juga dapat memilih warna dasar lain yang tersedia, seperti biru dan merah.

Uniknya Pakaian dan Tas Dengan Logo Khas Lokal Indonesia Yang Mendunia. Ada Mangkuk Ayam Jago dan Tepung Terigu 2-19
Kaos Karung BERAS Plesetan Parodi Logo Distro Tshirt Baju Pria

Rp79.000

Buy from here
Kaos Jumbo Gambar Karung Beras Bulog Premium Murah

Rp145.000

Buy from here
Pins
  1. Kaos Karung BERAS Plesetan Parodi Logo Distro Tshirt Baju Pria
  2. Kaos Jumbo Gambar Karung Beras Bulog Premium Murah
  1. Pakaian Dengan Logo Khas Lokal Yang Unik dan Mendunia: Mangkuk Ayam Jago

Mangkuk ayam jago yang berasal dari Cina, telah lama menjadi ciri khas wadah makanan berkuah di Indonesia. Seperti mie ayam, bakso, bubur kacang hijau dan bubur ayam. Di Tiongkok, mangkuk ini memiliki makna simbolis. Ayam jago melambangkan kerja keras. Bunga peoni melambangkan kekayaan. Sementara pohon pisang dengan bentuk daunnya yang lebar memiliki makna sebagai keberuntungan keluarga.

Selain di Indonesia, mangkuk ayam jago juga telah tersebar di seluruh wilayah Asia Tenggara sejak awal abad ke-20. Saking terkenalnya, Google doodle bahkan sempat memasang gambar “Rooster Bowl” itu, dalam ikon mesin pencariannya, pada 12 September 2022. Sebagai peringatan pendaftaran oleh pemerintah Thailand terhadap desain tersebut pada 2013.

Sementara itu, salah satu desainer Indonesia, Sherly Hartono, berhasil menciptakan jaket bergambar mangkuk ayam jago yang mencuri perhatian dunia. Setelah seorang penyanyi dan aktor Hollywood, Joe Jonas, mengenakan karyanya yang unik tersebut di depan publik pada Januari 2016 lalu.

Pria kelahiran 15 Agustus 1989 itu mengenakan oversize jacket berwarna hitam di bagian luar dan merah di bagian dalamnya. Di bagian luar tergambar aneka makanan Indonesia, seperti petai, mi instan, sendok, garpu dan mangkuk berisi ayam. Beserta gambar uang Rp50.000 dan Rp100.000.

Untuk memaksimalkan penampilan, salah satu anggota grup band, Jonas Brothers itu memadukannya dengan kaus coklat. Serta celana panjang hitam, sneakers dan scarf motif kotak-kotak berwarna hitam putih di lehernya. Keren! 

Buat kamu yang terinspirasi, logo mangkuk ayam jago yang ikonik itu tersedia dalam berbagai pilihan di platform marketplace ternama. Mulai dari kaus, jaket hingga aksesorinya.

Uniknya Pakaian dan Tas Dengan Logo Khas Lokal Indonesia Yang Mendunia. Ada Mangkuk Ayam Jago dan Tepung Terigu 3-18
Kaos Mangkok Mie Ayam Hitam dengan Kearifan Lokal

Rp125.000

Buy from here
Jaket hoodie premium desain mangkok ayam jago

Rp160.000

Buy from here
Pins
  1. Kaos Mangkok Mie Ayam Hitam dengan Kearifan Lokal
  2. Jaket hoodie premium desain mangkok ayam jago
  1. Tas Dengan Logo Khas Lokal Yang Unik dan Mendunia: Peta Indonesia

Selain pakaian, aksesori fesyen, seperti tas juga bisa tampil unik dengan logo khas Indonesia. Salah satunya yaitu tas bergambar kepulauan Indonesia dari Ende. Merek fesyen yang menghadirkan “Indonesian Craftmanship Bag” di Times Square pada 13 September 2023. Dalam rangka meramaikan New York Fashion Week.

Tas Mahadewi Archipelago dari Ende memiliki gambar yang unik berupa kepulauan Indonesia dengan potongan laser pada kulitnya. Serta penggabungan pola songket Bali yang cerah dan rumit untuk menambah sentuhan kemewahan pada siluet tas tangan klasik ini. Dengan desain tersebut, tas ini tidak hanya menampilkan keindahan nusantara tetapi juga memberikan penghormatan kepada kekayaan warisan budaya Indonesia.

Tanpa kita sadari, gambar kepulauan Indonesia telah menjadi ikon dan sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Seperti di sekolah, kampus, dan kantor di atas media kertas, atau digital melalui aplikasi map di ponsel. Oleh sebab itu, hadirnya kepulauan Indonesia pada sebuah tas berbahan dasar kulit menjadi hal yang terbilang unik dan mencuri perhatian.

Kamu mau juga? Klik link produknya di bawah ini ya. 

Uniknya Pakaian dan Tas Dengan Logo Khas Lokal Indonesia Yang Mendunia. Ada Mangkuk Ayam Jago dan Tepung Terigu 4-18
Ende - Mahadewi Archipelago Bag

Rp5.400.000

Buy from here
Ende – Mahadewi Archipelago Handbag Nappa

Rp5.400.000

Buy from here
Pins
  1. Ende - Mahadewi Archipelago Bag
  2. Ende – Mahadewi Archipelago Handbag Nappa
  1. Tas Dengan Logo Khas Lokal Yang Unik dan Mendunia: Mie Instan Goreng

Last but not least adalah tas bergambar kemasan mi goreng instan. Yup! Mi yang kini sudah berusia lebih dari 50 tahun itu memang telah mendunia. Tidak hanya di negara-negara Asia yang sering mengonsumsi mi, melainkan juga di negara-negara Eropa hingga Amerika. Uniknya, gambar kemasan mi goreng di luar negeri tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia, hanya berbeda bahasanya saja. Sehingga terbilang ikonik.

Tidak hanya dunia kuliner, mi goreng produksi Indofood itu kini juga terkenal di kancah mode. Khususnya setelah sang produsen mengadakan kolaborasi dengan jenama lokal dan internasional bertajuk “Kolaboramie”. Untuk memeriahkan perayaan 50 tahun, pada 2022 lalu.

Untuk fesyen anak muda, Indomie berkolaborasi dengan merek alas kaki Swallow, Tahilalats + Sandalboyz. Lalu Thanksinsomnia, Kamengski, JKT Creative, Urbain dan Tangan, untuk produk streetwear-nya. Serta kacamata anak muda, Saturdays. Sementara untuk fesyen anak dan keluarga dengan BohoPanna. Masing-masing jenama mengkreasikan pakaian dan aksesori dengan menampilkan kemasan Indomie yang ikonik.

Di kalangan selebritas, penyanyi  Nindy juga pernah terlihat ‘membawa’ mi goreng di tasnya. Bukan di bagian dalam, melainkan di bagian luarnya. Tepatnya saat menghadiri pekan mode di Indonesia yang berskala internasional, yakni Jakarta Fashion Week, pada Kamis (26/10/2017). Tidak hanya menarik perhatian, tas model cross-body tersebut juga memiliki tali rantai emas, sehingga membuat look-nya lebih modis.

Tas ‘mi goreng’ yang Nindy pakai merupakan rancangan Mariko Tampi Budiman. Seorang ibu bekerja yang menyenangi seni kerajinan tangan, khususnya jahit menjahit. Ia kini mengembangkan label fashion bernama Kea.

Buat kamu yang terinspirasi, berikut rekomendasinya produk dari berbagai brand lokal lainnya. 

Uniknya Pakaian dan Tas Dengan Logo Khas Lokal Indonesia Yang Mendunia. Ada Mangkuk Ayam Jago dan Tepung Terigu 5-18
Pouch Puffy Vintage IGOR Mi Goreng Instan Mie

Rp104.999

Buy from here
Tas pinggang selempang IGOR untuk penggemar mie goreng instant

Rp89.999

Buy from here
Pins
  1. Pouch Puffy Vintage IGOR Mi Goreng Instan Mie
  2. Tas pinggang selempang IGOR untuk penggemar mie goreng instant

Itulah uniknya pakaian dan tas dengan logo khas lokal Indonesia yang mendunia. Kamu sudah punya yang mana Modusers?

Written by Citra Lestari

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0
Parfum Lokal Wanita

Temukan Keharuman Istimewa dari Parfum Lokal Wanita yang Mencuri Perhatian di Setiap Langkahmu

Tas Tradisional

Mengulas Ragam Keunikan Tas Tradisional Khas Daerah di Indonesia