in

Mirip Toner, Ini Bedanya Treatment Essence dan Manfaatnya Untuk Kulit Wajah

Source: Barefection.com

Memiliki tekstur dan botol kemasan yang sama dengan toner, membuat banyak orang beranggapan bahwa treatment essence sama dengan toner. Padahal, kedua produk perawatan wajah tersebut memiliki perbedaan. Baik pada kandungan, cara dan urutan pemakaian maupun fungsinya.

Mirip Toner, Ini Bedanya Treatment Essence dan Manfaatnya Untuk Kulit Wajah FT1-4
Source: Pinterest

Toner merupakan produk skincare dengan tekstur sangat cair. Berfungsi untuk membersihkan makeup yang masih tertinggal setelah membersihkan wajah dengan facial foam. Serta membantu mengembalikan kelembapan, menyeimbangkan pH kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk mengaplikasikannya, kamu perlu menuangkannya terlebih dulu ke atas kapas, lalu usapkan ke wajah.

Sementara treatment essence berbahan dasar air dengan tekstur yang cenderung lebih kental dari toner, namun lebih cair dari serum. Untuk mengaplikasikannya, kamu cukup tuangkan ke telapak tangan, lalu tempelkan ke wajah. Berikan pijatan lembut atau tepuk-tepuk perlahan untuk memperlancar proses penyerapan essence ke dalam pori-pori kulit.

Mirip Toner, Ini Bedanya Treatment Essence dan Manfaatnya Untuk Kulit Wajah FT2-3-300x225
Source: Pinterest

Meski sama-sama berbahan dasar air, namun treatment essence memiliki manfaat lain yang berbeda dari toner. Karena mengandung konsentrasi bahan aktif lebih tinggi dan ekstrak tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat untuk kulit.

Jika kamu gunakan secara rutin dalam perawatan kulit sehari-hari, ada beberapa fungsi treatment essence untuk kesehatan kulit yang bisa kamu dapatkan. Seperti melembapkan, mencerahkan dan meratakan warna kulit, serta sebagai anti-aging. Selain itu, juga dapat membantu mempersiapkan kulit agar produk skincare selanjutnya dapat terserap dengan baik.

Baca juga: Memanfaatkan Minyak Tumbuhan Sebagai Face Oil

Manfaat Treatment Essence untuk Melembapkan Kulit

Ada banyak faktor yang membuat lapisan kulit wajah berkurang kadar kelembapannya. Seperti bertambahnya usia dan penggunaan pembersih wajah.

Berbagai kandungan bahan aktif pada treatment essence dapat membantu menghidrasi kulit dan melembapkannya. Salah satunya adalah hyaluronic acid.

Manfaat Treatment Essence untuk Mencerahkan dan Meratakan Warna Kulit

Selain melembapkan, berbagai kandungan dalam treatment essence juga dapat membantu mengatasi kulit kusam dan meratakan warna kulit. Seperti niacinamide

Selain itu, niacinamide juga dapat membantu mengembalikan sistem natural kulit dan menstimulasi produksi kolagen. Sehingga kulit terasa lebih halus dan terlihat lebih sehat.

Ada pula produk treatment essence yang menggunakan bahan-bahan alami, seperti fermentasi air beras atau sake. Kandungan vitamin, mineral dan asam amino yang tinggi membuat bahan tersebut terkenal mampu mencerahkan kulit wajah.

Manfaat Treatment Essence sebagai Anti-Aging

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam treatment essence dapat berfungsi sebagai anti-aging. Seperti centella asiatica atau pomegranate extract.

Kandungan ekstrak tumbuhan tersebut dapat melindungi skin barrier dari kerusakan. Menjaga elastisitas kulit wajah dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Sehingga kulit wajah terlihat lebih muda dan sehat.

Baca juga: Tren Skincare yang Mengandung Centella Asiatica atau Daun Pegagan

Manfaat Treatment Essence Untuk Membantu Penyerapan Produk Skincare Selanjutnya

Selain melembapkan, mencerahkan dan meratakan warna kulit, serta sebagai anti-aging, treatment essence juga memiliki peran yang tidak kalah penting. Yaitu membantu mempersiapkan kulit agar produk skincare selanjutnya dapat terserap dengan baik.

Jadi, penggunaan treatment essence bisa membantu memaksimalkan manfaat serum, pelembap, sunscreen maupun masker wajah.

Melihat pentingnya manfaat treatment essence untuk kulit wajah, rasanya sayang sekali jika kamu melewatkannya. Kini, sudah banyak brand skincare yang menjual treatment essence dengan berbagai kandungan. Berikut 10 rekomendasi produknya dari Modusgaia.

1. SK-II Facial Treatment Essence

Siapa yang tidak mengenal SK-II? Brand skincare asal Jepang yang terkenal dengan formula PITERA™ ini sudah menjual produk treatment essence selama lebih dari 40 tahun.

PITERA™ merupakan bahan bio alami dari fermentasi air beras yang mengandung lebih dari 50 nutrisi mikro. Seperti vitamin, mineral, asam amino, dan asam organik untuk mengkondisikan fungsi alami kulit. Melawan munculnya kulit yang tidak rata dan bintik-bintik gelap. Serta mengurangi tampilan kulit berminyak dan membuat pori-pori tampak lebih kecil. Sehingga kulit tampak sebening kristal. 

Selain itu, PITERA™ juga dapat memberikan efek anti-oksidan. Dengan menangkal radikal bebas permukaan yang berkontribusi pada munculnya penuaan kulit.

Selain kemasan botol berukuran 75ml, SK-II Facial Treatment Essence juga tersedia dalam kemasan 160ml, 230ml dan 330ml.

Mirip Toner, Ini Bedanya Treatment Essence dan Manfaatnya Untuk Kulit Wajah 1-19
SK-II Facial Treatment Essence

Rp2.990.000

Buy from here
Pins
  1. SK-II Facial Treatment Essence

2. CLARINS Multi Active Treatment Essence

Buat kamu yang berusia 20-30 tahun dan ingin memiliki wajah yang awet muda, Clarins menyediakan Multi Active Treatment Essence. Dengan kemasan botol berukuran 200 ml. 

Salah satu brand skincare premium asal Paris ini berfokus untuk mengurangi tanda-tanda awal penuaan dan mencerahkan wajah. Memaksimalkan penyerapan dan menerima manfaat skincare berikutnya.

Selain itu, bahan alami meadowsweet dan teasel yang terkandung di dalamnya mampu mengecilkan pori-pori dan memperbaiki tekstur kulit. Sehingga wajah tampak lebih cerah dan terjaga kelembapannya.

Mirip Toner, Ini Bedanya Treatment Essence dan Manfaatnya Untuk Kulit Wajah 2-18
CLARINS Multi Active Treatment Essence

Rp780.000

Buy from here
Pins
  1. CLARINS Multi Active Treatment Essence

3. L’Oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence

Salah satu keunggulan produk essence dari L’Oreal Paris ini memiliki tekstur yang ringan dengan micronized technology. Sehingga dapat menyerap lebih cepat hingga 10 lapisan kulit. 

L’Oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence mengandung centella asiatica dan bahan aktif pencerah kulit. Untuk mempercepat proses regenerasi kulit, menyamarkan pori dan menghaluskan tekstur kulit. Serta menyamarkan tanda-tanda penuaan dini. Sehingga kulit wajah terlihat lebih bening, halus, bercahaya dan tampak muda. 

Selain kemasan mini berukuran 22ml, L’Oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence juga tersedia dalam kemasan 130ml.

Mirip Toner, Ini Bedanya Treatment Essence dan Manfaatnya Untuk Kulit Wajah 3-17
L'Oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence

Rp255.300

Buy from here
Pins
  1. L'Oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence

4. MISSHA Time Revolution The First Essence 5X

Produk treatment essence generasi kelima dari brand skincare asal Korea Selatan ini memiliki kandungan utama. Yaitu ekstrak fermentasi ragi dalam konsentrasi tinggi. Untuk menyeimbangkan dan melembapkan kulit kering. Meratakan warna kulit dan mencerahkan kulit kusam. Serta mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus. 

Selain itu, MISSHA Time Revolution The First Essence 5X dalam kemasan botol berukuran 150ml ini juga mengandung Niacinamide. Serta Ceramide NP dan Glycerin. Untuk mencerahkan dan memperhalus kulit. Membantu kulit terlihat dan terasa lebih sehat. Mengembalikan sistem natural kulit dan mendukung proteksi lapisan pelindung kelembapan kulit. 

Sementara itu, metode PRO FERMENT α ™ dalam prosesnya membuat kandungan essence lebih ringan dan mudah terserap. Dengan penyerapan yang lebih padat.

Mirip Toner, Ini Bedanya Treatment Essence dan Manfaatnya Untuk Kulit Wajah 4-18
MISSHA Time Revolution The First Essence 5X

Rp299.000

Buy from here
Pins
  1. MISSHA Time Revolution The First Essence 5X

5. MIXSOON Galactomyces Ferment Essence

Berbeda dari produk lain yang menggunakan berbagai bahan dalam pembuatannya. Salah satu produk treatment essence asal Korea Selatan ini hanya menggunakan ingredient tunggal. Yaitu 100% Galactomyces Ferment Filtrate yang merupakan ragi padat nutrisi dari proses fermentasi sake.

Manfaat galactomyces adalah sebagai agen pelembap dan memiliki efek antioksidan. Merawat kulit yang kehilangan vitalitas dan membantu mencerahkan kulit kusam. 

MIXSOON Galactomyces Ferment Essence tersedia dalam kemasan 100ml dengan tekstur cair dan ringan. Untuk memberikan hasil akhir melembapkan dan tidak lengket.

Mirip Toner, Ini Bedanya Treatment Essence dan Manfaatnya Untuk Kulit Wajah 5-18
MIXSOON Galactomyces Ferment Essence

Rp329.000

Buy from here
Pins
  1. MIXSOON Galactomyces Ferment Essence

6. Beauty of Joseon Ginseng Essence Water

Salah satu produk treatment essence asal Korea Selatan ini cukup unik. Karena menggunakan bahan utama yang khas dari negaranya, yaitu ginseng. 

Ginseng merupakan bahan herbal yang berguna untuk kesehatan tubuh dan kulit kita. Beauty of Joseon Ginseng Essence Water mengandung 80% air ginseng dan 2% niacinamide. Untuk memberikan kelembapan dan nutrisi yang cukup pada kulit. Menenangkan permukaan kulit dan membantu meratakan warna kulit. Serta memperbaiki tekstur kulit menjadi halus dan cerah.

Beauty of Joseon Ginseng Essence Water tersedia dalam kemasan 180ml tanpa pewangi dan pewarna buatan.

Mirip Toner, Ini Bedanya Treatment Essence dan Manfaatnya Untuk Kulit Wajah 6-10
Beauty of Joseon Ginseng Essence Water

Rp246.600

Buy from here
Pins
  1. Beauty of Joseon Ginseng Essence Water

7. Aqua+ Series Skin Enhancing Water Essence

Meski kemasannya terbilang sedang, namun produk treatment essence asal Thailand ini memiliki kandungan yang cukup banyak. Setidaknya ada 8 kandungan aktif dengan manfaat yang baik untuk kulit. 

Kandungan pertama yaitu SalSphere™ Severe Acne Relief, yang merupakan sebuah inovasi dalam menyatukan bahan-bahan perawatan jerawat. Zat biogenik SA-200 yang berfungsi untuk mengatasi penyumbatan dan membantu eksfoliasi kulit dengan lembut. Technolong™ Hokkaido yang merupakan perpaduan ekstrak alami dari pulau Hokkaido. Untuk mempercepat regenerasi kulit dan menormalkan metabolisme kulit akibat terganggu oleh sinar UV. Serta dapat membantu menambah kelembapan, mencerahkan dan menutrisi kulit agar sehat dan cerah.

Kemudian, Amitose GOA, sebagai inovasi baru vitamin C dengan stabilitas tinggi yang membantu kulit tampak lebih muda. Inaclear® yang dapat membuat kulit bersinar dan tampak bercahaya. GalactoFerm-NS, atau ekstrak ragi kaya akan protein, vitamin, mineral dan asam amino. Untuk membuat kulit tampak bercahaya, membantu eksfoliasi dan regenerasi kulit.

Kandungan selanjutnya yaitu Aquatide. Salah satu jenis peptida yang dapat meningkatkan kelembapan pada kulit. Meningkatkan fungsi Skin Barrier dan mengurangi TransEpidermal Water Loss (TEWL) atau jumlah air yang menguap dari kulit. Terakhir yaitu colagen hasil ekstraksi sisik ikan yang berasal dari Amerika Selatan. Untuk mengatasi tanda-tanda penuaan pada wajah. 

Aqua+ Series Skin Enhancing Water Essence tersedia dalam kemasan botol berukuran 140ml dengan tekstur ringan seperti air. Mudah terserap ke dalam kulit.

Mirip Toner, Ini Bedanya Treatment Essence dan Manfaatnya Untuk Kulit Wajah 7-7
Aqua+ Series Skin Enhancing Water Essence

Rp348.500

Buy from here
Pins
  1. Aqua+ Series Skin Enhancing Water Essence

8. Bio-Gold Rose Gold Water Essence

Bio-Gold Rose Gold Waters merupakan salah satu produk treatment essence asal Singapura. Formulanya mewah, karena mengandung 24K Gold Extract yang tinggi antioksidan. Serta Japanese Rose Extract yang kaya pelembap, untuk melindungi kulit dari tanda awal penuaan serta membuat wajah tampak lebih glowing. 

Selain itu, kandungan Bio Energy Complex™ yang terdapat di dalamnya dapat  membantu meningkatkan penyerapan oksigen ke kulit. Sehingga membantu menyehatkan, memperbaiki serta meregenerasi sel kulit.

Bio-Gold Rose Gold Water Essence tersedia dalam kemasan 100ml dengan tekstur ringan berbahan dasar air untuk menghidrasi kulit.

Mirip Toner, Ini Bedanya Treatment Essence dan Manfaatnya Untuk Kulit Wajah 8-7
Bio-Gold Rose Gold Water Essence

Rp274.400

Buy from here
Pins
  1. Bio-Gold Rose Gold Water Essence

9. YOU Golden Age 2-in-1 Essence

Salah satu produk treatment essence dari brand lokal yang bisa kamu coba adalah YOU Golden Age 2 in 1 Essence. Karena mengandung bahan-bahan spesial yang bermanfaat untuk kulit wajah. Seperti Punica Granatum Extract atau Ekstrak buah delima. Untuk membantu mencegah tanda-tanda penuaan dan memperbaiki kondisi kulit akibat penuaan.

Lactic Acid (AHA) yang dapat mengeksfoliasi dan menghidrasi kulit. Niacinamide, atau vitamin B3 untuk menyamarkan tampilan pori-pori dan garis halus serta meratakan warna kulit. Allantoin, yang berfungsi melembapkan, menenangkan dan membantu proses regenerasi kulit.

Kemudian ada Calendulla Officinalis Flower Extract, atau Ekstrak bunga Pot Marigold. Untuk membantu memperbaiki kondisi kulit seperti kemerahan. Serta Tremella Fuciformis Sporocarp Extract, atau Snow mushroom yang membantu melembapkan kulit dan menyamarkan noda hitam. 

YOU Golden Age 2 in 1 Essence tersedia dalam kemasan botol berukuran 100ml dengan 8 manfaat. Yaitu mengeksfoliasi, menghidrasi, meremajakan kulit, menyamarkan tekstur dan pori-pori. Serta menenangkan kulit, mencerahkan, menyegarkan dan meningkatkan elastisitas kulit.

Mirip Toner, Ini Bedanya Treatment Essence dan Manfaatnya Untuk Kulit Wajah 9-5
YOU Golden Age 2-in-1 Essence

Rp143.100

Buy from here
Pins
  1. YOU Golden Age 2-in-1 Essence

10. Olay Regenerist Essence Water

Buat kamu yang ingin menghidrasi kulit seketika serta membuat kulit lebih kencang dan glowing, bisa memilih Olay Regenerist Essence Water. Dengan tekstur seringan air, namun kaya akan nutrisi yang efektif untuk menghidrasi kulit secara instan. 

Selaain itu, kandungan Niacinamide dan AminoPeptide Complex di dalamnya, membuat essence ini bermanfaat sebagai anti aging. Serta membuat kulit lebih kencang dan kenyal.

Olay Regenerist Essence tersedia dalam kemasan botol berukuran 150ml dengan formula ‘watery’ yang sangat mudah terserap kulit. Mencerahkan kulit wajah dan membantu proses regenerasi kulit.

Mirip Toner, Ini Bedanya Treatment Essence dan Manfaatnya Untuk Kulit Wajah 10-5
Olay Regenerist Essence Water

Rp172.300

Buy from here
Pins
  1. Olay Regenerist Essence Water

Itulah 10 rekomendasi produk treatment essence buat kulit lembap, cerah dan awet muda. Gunakan treatment essence setelah memakai pembersih wajah dan toner. Setelah itu, lanjutkan dengan pemakaian serum dan pelembap.

Written by Citra Lestari

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0

Ini Dia 4 Model Sepatu Kolaborasi Adidas x Yu Gi Oh!

Kenali Perbedaan Fungsi Pewangi dan Pelembut Pakaian